Distrik Miru Akan Evaluasi Peran Kelurahan dan RT Terkait Penanganan Sampah

Bagikan Bagikan
Dedi D. Paokuma (Foto:SAPA/Acik)


SAPA (TIMIKA)  Kepala Distrik Mimika Baru (Miru), Dedi D. Paokuma mengaku beberapa waktu ke depan akan melakukan pertemuan khusus bersama seluruh Lurah dan RT guna mengevaluasi peran mereka untuk persoalan penanganan sampah mengingat telah didelegasikan oleh Pemkab melalui DLH yang disertai dengan pembagian kendaraan roda tiga pengangkut sampah.

“Kebetulan saya baru beberapa bulan saja ditugaskan dan menjabat sebagai Kepala Distrik Miru, tapi untuk persoalan itu kami akan lakukan pertemuan lagi bersama seluruh Lurah dan RT untuk mengevaluasi tugas penanganan sampah itu,” ungkapnya di kantor Distrik Miru, Rabu (30/9/2020).

Dijelaskan bahwa setelah adanya pendelegasian tersebut, sebetulnya di masing-masing kelurahan dan RT telah menjalankan program khusus untuk pembersihan lingkungan, akan tetapi kemungkinan ada beberapa hal yang perlu dibenahi sehingga perlu didiskusikan kembali.

Melihat banyaknya sampah yang saat ini berhamburan di beberapa titik di wilayah Distrik Miru tentunya menjadi satu acuan khusus untuk pembenahan secara bersama-sama ke depannya. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kesadaran masyarakat yang ada, dalam artian masyarakat diharuskan untuk mengikuti ketentuan yang telah ada dalam Perda sampah. 

Menurut dia, berbicara terkait sampah sangat erat hubungannya dengan kebersihan lingkungan dan pencegahan jentik malaria. Dengan demikian, beberapa hari lalu Distik Miru melakukan pencanangan pembagian kelambu secara massal untuk warga Miru.

“Saat ini presentase kasus malaria terbanyak adanya di wilayah distrik Miru yaitu sekitar 50 %. Makanya kami bagikan kelambu, tapi juga ada kaitannya dengan bagaimana kita harus mengamankan sampah masyarakat sesuai dengan Perda yang telah ditetapkan,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar