Freeport Siap Fasilitasi Pemulangan Warga Banti di Timika

Bagikan Bagikan
Jhoni Lingga (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Vice President Bidang Government Relation PT Freeport Indonesia (PTFI), Jhoni Lingga mengaku bahwa PTFI siap memfasilitasi kepulangan warga tiga kampung ke Banti setalah adanya keputusan bersama Pemkab Mimika dan kepastian jaminan keamanan dari aparat keamanan yaitu Polri dan TNI.

“Kalau dari pihak keamanan memastikan jaminan keamanan dan pihak pemerintah bilang oke, berarti sudah pasti PTFI akan membantu. Untuk saat ini PTFI tidak bisa menentukan warga itu naik atau turun. Intinya itu semua tergantung situasi keamanan saja, karena PTFI tidak mungkin diam saja,” ungkapnya, Selasa (6/10/2020).

Dijelaskan, pada saat seluruh warga diperintahkan untuk dievakuasi ke Timika, seketika itu juga PTFI fasilitasi, sehingga demikian juga ketika telah ada kesepakatan untuk dikembalikan.

Melihat kondisi usai penyerangan oleh KKB di wilayah Banti, fasilitas masyarakat telah banyak yang hancur, sehingga butuh pembenahan khusus agar bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat ketika kelak dipulangkan.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa setelah warga dievakuasi ke Timika, PTFI melalui YPMAK juga ikut membantu masyarakat.

“PTFI tidak punyai otoritas untuk memutuskan kepulangan mereka atau memastikan bahwa situasi sudah aman. Kitapun berharap situasi bisa benar-benar aman supaya masyarakat bisa kembali,” jelasnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar