Komisi B DPRD Mimika Kunjungi Pasar Sentral, Warga Minta Pintu Pagar Pasar Dibuka Kembali

Bagikan Bagikan
Komisi B DPRD Mimika saat mendengarkan keluhan warga Pasar Sentral melalui Ketua RT (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Warga pasar sentral meminta agar Pemkab melalui Disperindag untuk membuka kembali akses jalan yang telah ditutup.

Hal ini disampaikan Ketua RT Pasar Sentral, Yoseph Lahri saat kunjungan Komisi B DPRD Mimika. Permintaan tersebut disampaikan lantaran warga mengaku kesulitan akses keluar dan masuk pasar serta akses membuang sampah.

“Para pedagang termasuk pedagang yang bermukim di sekitar pasar jadi kesulitan untuk belanja, jualan ataupun buang sampah. Warga mengaku harus naik ojek keliling pagar untuk menuju ke pintu depan. Makanya banyak warga yang menginginkan agar tembok pagar yang sudah ditutup harus dibuka untuk tiga titik yaitu bagian samping kiri, kanan dan belakang pasar,” ungkap Yoseph, Rabu (28/10/2020).

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi B DPRD Mimika, Rizal Pata’dan mengatakan bahwa penutupan pintu darurat tersebut lantaran adanya keluhan dari pedagang terkait banyaknya pencuri yang masuk kompleks pasar dan mengambil dagangan ataupun merusak fasilitas milik pedagang. Dengan demikian atas kesepakatan bersama maka tembok yang dijebol sebagai pintu masuk tersebut ditutup.

Hal itupun dibenarkan oleh Kepala Disperindag, Michael R. Gomar. Menurut dia, tembok yang dijebol warga sengaja ditutup atas persetujuan bersama guna keamanan kompleks pasar. Selain itu, penutupan juga mengacu pada perintah pimpinan, dalam hal ini Bupati Mimika.

“Tidak ada yang dilakukan sebelum adanya kesepakatan bersama. Pagar yang dijebol sudah ditutup atas permintaan warga. Disperindag jalankan tugas atas perintah Pimpinan untuk kepentingan warga,” ungkap Gomar.

Selain persoalan tersebut, berdasarkan laporan warga dan pantauan langsung Komisi B DPRD ditemukan masih banyak pembenahan yang harus dilakukan di pasar milik pemerintah tersebut.

Rizal Pata’dan mengaku, dalam kompleks pasar masih sangat amburadul lantaran banyak pegagang  yang tercampur di satu lapak, sehingga perlu penambahan lapak-lapak. Selanjutnya penambahan petugas keamanan dan penataan kebersihan mengingat selain sebagai pasar, wilayah tersebut juga dijadikan tempat wisata yang ke depannya harus dilengkapi ruang terbuka hijau, wahana permainan dan tempat hiburan lainnya.

Bangunan-bangunan yang selama ini ada harus direnovasi dan difungsikan. Untuk merenovasi tentunya butuh anggaran, sehingga perlu adanya koordinasi antar Disperindag dan Komisi B agar anggarannya bisa dimasukan dalam APBD tahun 2021.

“Memang yang kita lihat saat ini telah ada perubahan, tetapi saat kita memantau bagian dalamnya ternyata masih banyak sekali yang harus kita benahi bersama. Perlu juga ada renovasi beberapa fasilitas. Makanya harus dianggarkan ke APBD 2021, karena sudah tidak mungkin lagi diusulkan dalam APBD Perubahan tahun ini,” ungkapnya.

Sedangkan Kadisperindag, Michael R. Gomar mengatakan bahwa saat ini telah mulai dilakukan penimbunan bagian luar pagar pasar, karena lima meter di luar pagar pasar masih merupakan tanah milik pemerintah. Penimbunan selanjutnya akan dilakukan pengaspalan melalui dinas terkait agar mempermudah warga sekitar untuk keluar dan masuk ke dalam areal pasar.

Gomar menjelaskan bahwa apa yang dilaporkan dan menjadi temuan dari Komisi B merupakan bentuk kerjasama yang patut dihargai. Dengan kunjungan ini tentunya Komisi B bisa melihat secara langsung, sehingga bisa mengetahui kekurangan-kekurangan dan selanjutnya dibenahi.

“Konsep pembenahan sudah mulai dilakukan dan akan terus digenjot serta tentunya disesuaikan dengan anggaran. Intinya semua itu dilakukan pertahap. Terimakasih atas kunjungan Komisi B dan ini sebagai bentuk kerja sama supaya bisa mengetahui secara langsung kekurangan yang nantinya kita benahi,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus