Mesin PCR di RSUD Mimika Rusak

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, pada Selasa (20/10/2020) mengungkapkan, mesin PCR di rumah sakit umum daerah (RSUD) Mimika rusak, sehingga untuk sementara waktu belum bisa dilakukan pemeriksaan spesimen di RSUD menggunakan PCR.

Reynold dalam jumpa persnya menyebutkan kerusakan PCR tersebut sudah sejak hari Kamis atau Jumat pekan lalu. Dia juga belum memastikan alat PCR tersebut bisa digunakan lagi, lantaran pengadaan PCR tersebut didatangkan dari luar negeri.

Solusinya, Dinas kesehatan melakukan koordinasi dengan klinik Kuala Kencana milik PTFI juga Provinsi Papua, untuk melakukan pemeriksaan spesimen dari RSUD Mimika.

“Namun hasilnya tidak akan sebanyak pemeriksaan di RSUD, karena untuk pengiriman ke sana jumlahnya terbatas. Orang yang datang dengan gejala di layanan kesehatan akan langsung di Swab dan dikirim ke Jayapura, sementara untuk kontak erat dengan kasus, kita akan periksa gunakan rapid test anti gen, jika hasil positif baru akan di Swab dikirim ke Jayapura atau Klinik Kuala Kencana, dan yang negatif akan diminta untuk karantina sehat,” tuturnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar