Mimika Kedua Terbanyak di Papua Penerima Kartu Prakerja

Bagikan Bagikan
Paulus Yanengga (Doc:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga menyebutkan sebanyak 2.000 warga Mimika telah terdaftar sebagai peserta kartu prakerja.

Jumlah itu menjadikan Mimika berada pada urutan kedua terbanyak penerima kartu prakerja di Provinsi Papua, setelah Kotamadya Jayapura dengan jumlah 3.000 peserta prakerja.

Kartu Prakerja merupakan  bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya, oleh karenanya Disnakertrans Mimika berencana akan melakukan pendataan peserta yang menerima kartu prakerja serta melakukan pendampingan.

"Kartu prakerja ini bagi warga belum memiliki pekerjaan atau yang belum memiliki keterampilan, dan ke depan kita akan dampingi. Selama ini memang kita kurang sosialisasi sehingga banyak warga yang tidak mengetahui hal ini," kata Yanengga.

Pihaknya juga akan membantu dan memfasilitasi warga untuk ikut sebagai peserta penerima pekerjaan.

"Warga yang tidak memiliki gadget kita akan bantu dengan menyediakan fasilitas seperti komputer dan membantu mereka untuk bisa ikut dalam peserta penerima pekerjaan sehingga warga bisa punya keterampilan," sambungnya.

Bahkan kata dia, program yang rencananya akan diperpanjang hingga tahun 2021, Disnakertrans Mimika akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menambah kuota pendaftaran.

"Sebenarnya kita di Mimika lebih dari 2.000 tapi sebagian besar yang gugur pada saat validasi data, karena ada yang daftar pakai e-KTP orang lain, kemudian Kartu Keluarga yang nomor NIK nya tidak seusai, dan memang kita tidak bisa melakukan pendampingan karena untuk masuk sebagai peserta prakerja pendaftarannya melalui online. Akan tetapi ke depan kita akan terus melakukan pendampingan, sehingga apa yang mereka terima bisa diimplementasi," tutupnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar