Pembangunan Gedung Biliar Pemkab Mimika Dengan Anggaran 19,7 Miliar Capai 70 Persen

Bagikan Bagikan
Gedung Biliar Milik Pemkab Mimika di SP5 (Foto: SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Proyek, PT Andika Surya Era Mitra, Carolin mengatakan bahwa sejak dibangun bulan Maret lalu hingga saat ini progres pembangunan gedung Biliar atau bola sodok milik Pemkab Mimika di jalan Cendrawasih SP II telah mencapai 70 persen.

Menurut Carolin, progres pembangunan tersebut tergolong lambat lantaran adanya pandemi covid-19 yang menghambat pasokan material yang didatangkan dari Surabaya serta cuaca di Timika yang tidak menentu.

"Deadline kita sampai tanggal 31 Desember mendatang. Kita terhambat dengan pasokan material yang didatangkan dari Surabaya, ditambah lagi dengan adanya PSBB dan yang lainnya selama pandemi ini, tapi saat ini sudah mencapai 70 persen," ungkapnya di lokasi bangunan gedung Biliard, Rabu (21/10/2020).

Dia menjelaskan, pasokan material di saat masa normal hanya diproses selama 25 hari, akan tetapi dengan adanya pandemi maka bisa mencapai satu hingga dua bulan baru sampai di Timika.

"Makanya terjadi adendum waktu penyelesaian. Harusnya selesai di tanggal 22 September, jadinya dikasih kelonggaran hingga akhir Desember," tuturnya.

Yang saat ini dikerjakan adalah pekerjaan finishing yang meliputi pemasangan panel dinding eksterior bangunan, pemasangan keramik serta sarana dan prasarana termasuk pekerjaan area parkir.

Dijelaskan gedung Biliard ini seluas 32x58 meter persegi dan  berdiri di atas lahan seluas 73x290 meter persegi. Fasilitas yang disediakan dalam bagian gedung yaitu area permainan dengan 24 meja biliar, ruang penonton VIP, tribun berkapasitas 370 penonton, CCTV, sound sistem, 10 titik kamar mandi. Semua ruangan yang ada di dalam gedung dipasangi AC serta dilengkapi dengan ruangan penunjang seperti genset dengan kapasitas 100 KVA dan Musolah.

"Gedung ini ada dua lantai. Lantai pertama itu area permainan, sedangkan lantai kedua hanya separuh bangunan saja yang digunakan untuk permaianan dan selebihnya untuk ruang VIP," tuturnya.

Pembangunan gedung ini dilakukan tiga tahap, yang dimulai dengan struktur bawah, pekerjaan gedung dan yang terakhir ialah fasilitas outdoor. Untuk fasilitas outdoor selain kelengkapan parkiran dengan pafing blog, juga ada penerangan, taman dan aksesoris, pagar, pos pengamanan dan WC umum.

"Untuk kapasitas kendaraan di area parkir itu belum bisa diperhitungkan" jelasnya.

Pantauan Salam Papua, pada papan proyek menunjukan bahwa pembangunan gedung yang dipersiapkan untuk pelaksanaan PON ke XX ini merupakan program dinas PUPR dengan nomor kontrak 050.2/170 tertanggal 27 Maret tahun 2020. Waktu pelaksanaan selama 280 hari menggunakan dana APBD tahun 2020 senilai Rp 19.779.000.000,00. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus