Peringatan HSN Di Kabupaten Mimika Diwarnai Berbagai Kegiatan

Bagikan Bagikan

Suasana Istighosah Kubro dalam acara HSN ke V. (Foto-SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) -
Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke V yang jatuh pada Kamis (22/10/2020) kemarin di Kabupaten Mimika diwarnai dengan berbagai kegiatan.


Kegiatan di pusatkan di Kantor PKB, Jalan Poros SP 2 - SP 5, Kamis (22/10/2020).


Kegiatan diawali dengan apel bendera yang dipimpin oleh Ketua PCNU, Imam Mawardi.


"Hari santri nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober pada setiap tahunnya. Peringatan hari ssntri ini tidak hanya kita jadikan sebagai peringatan atau ceremonial saja. Namun harus kita buktikan bahwa dengan adanya hari santri nasional ini para santri khususnya di Timika ini dapat semakin eksis dan semakin maju," kata Imam dalam amanat upacara yang dibawanya.


Ia mengatakan, tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


"Resolusi jihad kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan," serunya.


Selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga telah memiliki undang - undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren undang - undang ini memberikan fasilitas terhadap pesantren dalam menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.


Dikatakan, untuk peringatan hari santri tahun 2020 ini, tema yang diusung adalah "Santri Sehat Indonesia Kuat".


"Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi global Covid-19. Tema kali ini adalah jawaban dari komitmen kita bersama dalam membantu pemerintah dalam pencegahan covid 19," serunya.


Ia pun menyinggung bahwa terkadang pihaknya mendengar info yang tidak mengenakan, info yang memojokan santri. Bahwa santri terkenal dengan radikalisme katanya santri tidak NKRI.


"Ini sungguh tidak benar, Mana ada santri tidak cinta negaranya sendiri, mana ada santri tidak tergerak hatinya melihat kekacauan di negeri ini, jika kita lihat sejak kemerdekaan, betapa pentingnya santri dan pondok pesantren di kala itu. Semua demi apa? Demi kita semua terbebas dari penjajahan," katanya.


"Sebagai santri tentu kita harus memiliki tujuan yang baik apalagi di lingkungan kita di pondok, tak lain tujuannya adalah mencari ilmu agama dan menghilangkan kebodohan," lanjutnya.


Acara HSN juga diwarnai dengan pertunjukan pencak silat dari pagar nusa, panahan dan bersama - sama Istighosah Kubro. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus