Pertama di Papua, Masyarakat Mimika Sekarang Bisa Cetak Adminduk Sendiri Dalam Hitungan Menit

Bagikan Bagikan

Mesin ADM Disdukcapil Kabupaten Mimika (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Go Digitalisasi untuk mempermudah, mempercepat dan semakin praktis dalam pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika melaunching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak E-KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, dan Akta Kematian.

ADM merupakan fasilitas dari Pemerintah Kabupaten Mimika untuk mempermudah pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan, yang mana masyarakat bisa secara mandiri mencetak E-KTP maupun dokumen kependudukan lainnya dalam hitungan menit.

ADM yang pertama kali ada di Indonesia Timur ini mendapat respon baik dan apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri melalui Direktur Jendral (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh yang disampaikan secara virtual pada saat launching ADM Dukcapil yang digelar di Puspem Kabupaten Mimika pada Kamis (8/10/2020).

Apresiasi yang disampaikan secara virtual tersebut, sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Mimika dalam hal ini Disdukcapil yang terus berkreasi dan memberikan terobosan-terobosan baru dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dirjen Dukcapil pun berharap apa yang sedang dilakukan Disdukcapil bisa menjadi contoh bagi Kabupaten dan Kota yang lain.

“Saya apresiasi kepada bapak Bupati Mimika, Wakil Bupati Mimika yang memberikan perhatian kepada pelayanan publik yang lebih baik. Dengan ADM maka masyarakat bisa mencetak dokumen kapan pun, dan tidak ada pungli, dan dapat menghindari adanya praktek percaloan,” ungkap Zudan.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM mengatakan, dengan adanya Anjungan Dukcapil Mandiri, masyarakat dapat dengan mudah melakukan kepengurusan dokumen administrasi kependudukan, dan sangat membantu masyarakat, karena selain cepat, sistem kepengurusan pun juga sangat mudah.

"Saya sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan Dukcapil, dengan adanya mesin ADM. Saat ini adalah era teknologi, kita (Pemkab) dituntut untuk bisa berinovasi dan berkreasi dalam memudahkan serta melayani masyarakat, dan ADM yang ada di Kantor Bupati Mimika adalah satu-satunya yang ada di Wilayah Indonesia bagian timur,” kata Wabup John.

Di samping itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo mengungkapkan, saat ini hanya satu mesin yang ada di Mimika dan akan ditempatkan di Gedung Pusat Pemerintahan.

"Cara menggunakannya mudah, pertama datang dahulu ke Disdukcapil kemudian meminta pin dan menyerahkan email. Disdukcapil Mimika akan mengirim data ke alamat Email dan Nomor Telpon ke Dukcapil Pusat, nah nantinya dari Dukcapil pusat akan mengirimkan pin melalui sms. Pin akan berupa QR code yang nanti di scan oleh ADM saat hendak mencetak dokumen kependudukan yang diinginkan. QR code ini hanya sekali pakai," ujarnya.

Ia berharap dengan layanan-layanan yang diberikan dapat memudahkan masyarakat Mimika. Dia juga menyadari masih banyak kekurangan dalam pelayanan, namun ia mengaku akan terus memperbaiki pelayanan.

“Jajaran Disdukcapil Mimika akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Mimika. Untuk tahun ini baru satu mesin, tahun depan kita dorong untuk penambahan lagi 4 unit ADM lagi, di mana ini juga untuk mendukung PON di Mimika,” ujar Slamet.

Ia menuturkan, untuk memberikan layanan yang mudah kepada masyarakat selain ADM, Disdukcapil memiliki beberapa layanan yang dapat diakses masyarakat, seperti Lala Pu Kaka, Orlando, Jempol Adminduk, Jok Married, dan Si Lincah Dukcapil.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Dukcapil atas atensi dan supportnya, dan juga petunjuk dari Bupati dan Wakil Bupati Mimika selaku Pimpinan di Mimika yang terus mendorong Disdukcapil untuk melakukan inovasi-inovasi guna memperbaiki layanan masyarakat dan mendekatkan  pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus