Puskesmas Timika Gencar Lakukan Investigasi Kontak Penderita Kusta

Bagikan Bagikan
dr. Moses Untung (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik bagi penderita kusta, Puskesmas Timika Gencar melakukan pelayanan dengan investigasi kontak.

Dijelaskan, pada masa pandemi covid-19 pihak Puskesmas Timika melakukan pelayanan kusta dengan metode investigasi kontak untuk menghindari adanya kerumunan dengan strategi langsung kepada kontak-kontak eratnya.

"Strateginya hampir sama dengan melacak kasus covid-19, karena kita langsung kepada kontak-kontak eratnya,” kata Kepala Puskesmas Timika, dr Moses Untung, Kamis (15/10/2020).

Layanan normal bagi penderita kusta selama pandemi covid-19 adalah dengan deteksi dini kasus yang melibatkan seluruh unit layanan seperti layanan umum, lansia dan unit-unit layanan lainnya. Kedua adalah pemeriksaan laboratorium. Ketiga ialah pengobatan-pengobatan dan keempat investigasi kontak.

"Kalau memang ditemukan kasus yang merujuk ke kusta maka langsung dirujuk ke unit layanan kusta untuk diperiksa lebih lanjut, " jelasnya.

Investigasi kontak tersebut bisa lebih meningkatkan cakupan penemuan kasus. Pasalnya jika menunggu kasus secara pasif itu akan lebih lama. Sebab, dalam kasus penyakit kusta menurut Moses, lebih baik jika terdeteksi sedini mungkin, karena angka kesembuhan akan lebih tinggi dan mengurangi kemungkinan adanya reaksi penyakit dan terakhir adalah mengurangi terjadinya kecacatan.

“Apabila terdapat pasien dari wilayah kerja Puskesmas lain, pihaknya akan melakukan rujukan kepada Puskesmas tersebut untuk ditangani,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar