Puskesmas Timika Wacanakan Pelaksanaan Screening Mencegah Penyebaran Covid-19

Bagikan Bagikan
Puskesmas Timika (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) –  Puskesmas Timika wacanakan pelaksanaan screening atau pelacakan suspect covid-19 berdasarkan wilayah kerja.

Kepala Puskesmas Timika, dr. Moses Untung mengatakan bahwa saat ini sementara menunggu ketersediaan logistik yang akan disediakan oleh Dinas Kesehatan. Screening per wilayah ini juga dilakukan dengan tujuan untuk membantu atau meringankan beban penanganan di RSUD dan Shelter.

Dijelaskan bahwa dalam rapid test antigen, apabila hasil rapid tersebut dinyatakan reaktif maka test PCR-nya 90 persen reaktif. Hal tersebut karena tes dilakukan pada antigen bukan anti bodi.

Dengan adanya screening diharapkan Puskesmas dapat membantu melakukan pelacakan sejak dini adanya suspect covid-19, sehingga penanganan lebih cepat dilaksanakan dan dapat menekan tingkat penyebaran pandemi.

"Screening nantinya akan menghasilkan beberapa kategori seperti sehat, batuk pilek biasa, suspect dan kontak erat. Selanjutnya untuk membuktikan bahwa orang tersebut suspect atau terkonfirmasi maka akan dilakukan tes sesuai dengan kebijakan yang berlaku," ungkap Moses kepada awak media, Kamis (15/10/2020).

Moses mengaku rencana screening yang dilakukan oleh Puskesmas ini nantinya juga akan dievaluasi. Apabila memang berjalan dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan serentak dilaksanakan.

“Yang saat ini dilakukan Puskesmas Timika adalah melakukan tindakan pemisahan terhadap pengunjung yang datang ke Puskesmas. Hal tersebut bertujuan agar pengunjung yang datang dengan tujuan sehat contohnya ibu hamil atau ibu dan bayi serta balita memiliki kemungkinan terpapar yang kecil,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar