Ribuan Warga yang Menetap di Kwamki Narama Belum Memiliki KTP Mimika

Bagikan Bagikan
Kepala Distrik Kwamki Narama, Bates Hence Suebu (Foto:SAPA/Kristin)


SAPA (TIMIKA) - Kepala Distrik Kwamki Narama, Bates Hence Suebu mengatakan banyak masyarakat yang tinggal di Kwamki Narama berasal dari Kabupaten Puncak dan Ilaga namun belum memiliki KTP Mimika.

"Kalau KTP sebagian besar sudah ada hanya saja alamatnya itu yang sebagian besar dari Kabupaten Puncak, karena dominasi sekarang di distrik Kwamki Narama adalah masyarakat dari Puncak dan Ilaga," kata Hence kepada wartawan, Jumat (2/10/2020).

Ia menjelaskan penduduk dari Kabupaten Puncak dan Ilaga kurang lebih 2000-an sudah lama menetap di Kwamki Narama. Karena tidak memiliki KTP Mimika sehingga bantuan dari pemerintah seperti dana PKH susah didapat karena KTP mereka bukan KTP Mimika melainkan masih KTP dari Puncak atau Ilaga. Ada pula yang dari Distrik-Distrik di Mimika namun di luar Kwamki Narama.

Ia menambahkan, jumlah Kepala Keluarga yang ada di 9 kampung 1 kelurahan Distrik Kwamki Narama kurang lebih hampir 18 Ribu.

"Sekarang sebagian besar hanya untuk rubah alamat kalau KTP sudah ada, yang menjadi soal adalah surat pindah karena mereka harus minta lagi ke Kabupaten asal. Banyak persyaratan yang harus di penuhi. Itu yang menjadi kendala utama. Kalau mereka mau jadi penduduk disini harus ada surat pindah," tuturnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar