Satlantas Polres Mimika Gelar Operasi Zebra, Masyarakat Diimbau Patuhi Aturan

Bagikan Bagikan
Operasi Zebra di depan kantor Pelayanan Polres Mimika (Foto:SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Polres Mimika melalui satuan Lalu Lintas (Satlantas) menggelar operasi Zebra yang berlangsung mulai Hari ini, Senin (26/10/2020) hingga Minggu (08/11/2020).

Dimana Operasi Zebra adalah sebutan dari kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk melakukan pemeriksaan surat-surat mengemudi dari para pemakai mobil dan motor serta menindak pelanggaran lalu lintas.

"Hari ini masuk di hari pertama dalam pelaksanaan operasi zebra. Kegiatan operasi zebra tahun ini sangat berbeda dengan operasi zebra tahun sebelumnya dimana sebelumnya kita lebih banyak melakukan tindakan represif," kata Kasat Lantas Polres Mimika, Iptu Devrizal, Senin (26/10/2020).

Untuk tahun 2020 ini, menurut Kasat Lantas, berhubungan dengan Pandemi Covid-19 pihaknya lebih mengedepankan preventif dimana lebih banyak memberikan imbauan kepada seluruh pengguna jalan  untuk melakukan tiga M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Untuk operasi zebra tahun ini juga tetap akan ada penindakan tapi sifatnya selektif, yang mana pelanggaran tersebut merupakan pelanggaran kasat mata," ujarnya.

Pelanggaran kasat mata yang dimaksud adalah lebih mengutamakan kepada pengemudi di bawah umur, pengemudi yang menggunakan HP saat berkendara, lawan arus, maupun pengemudi yang tidak menggunakan helm.

Selain itu, bagi kendaraan yang kelebihan muatan saat memuat barang seperti pick up, dan truck yang membawa barang melebihi kapasitas muatan dari kendaraan. Misalnya kendaraan roda enam tidak boleh memuat barang lebih dari 3500 kilogram.

Selain itu, pihak Lantas Polres Mimika juga membagikan stiker bagi kendaraan roda dua dan empat, serta membagikan masker bagi para pengemudi. Hal ini sesuai dengan perintah langsung dari Presiden untuk TNI-Polri untuk bisa membantu mengatasi dan memutus mata rantai dari terjadinya Covid 19.

"Kami Polres Mimika khususnya satuan lalu lintas mengimbau agar masyarakat selalu ikuti aturan kelengkapan berkendara baik itu kelengkapan diri maupun kendaraan yang sifatnya berupa SIM atau STNK dan di masa pandemi Covid-19 ini kami harap masyarakat Mimika tetap jaga protokol kesehatan, selalu gunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak," tuturnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus