Tahun 2021, DKP Mimika Usulkan Pengembangan Tani Olahan Sagu dan Pembangunan Toko Tani

Bagikan Bagikan

Kampung Tipuka Mimika Pantai (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Tahun 2021 Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Mimika merencanakan program pengembangan kelompok tani olahan dagu di Kampung Tipuka Mimika Pantai serta membangun toko tani guna menampung semua pangan lokal milik warga tani Mimika.

Kepala DKP Mimika, Yulius Koga saat ditemui Salam Papua mengatakan dua program tersebut telah diusulkan dalam Musrenbang Kabupaten yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Untuk pengembangan kelompok olahan sagu akan memanfaatkan kembali kelompok tani yang dulu pernah aktif dan dibina Pemkab Mimika yaitu di Tipuka. Sedangkan toko tani dibangun guna mengambil atau menjual semua bahan pangan kelompok masyarakat dengan harga yang tidak jauh dari harga pasar.

"Itu sudah kami usulkan saat Musrenbang, tapi semua kembali kepada penentu. Kalau memang direalisasikan maka akan kita lakukan,” katanya, Rabu (21/10/2020).

Untuk program pengolahan pangan lokal, di tahun sebelumnya Dinas Ketahanan Pangan juga mempunyai kelompok tani pengolahan sagu, tapi saat ini tersisa satu lantaran salah satunya sudah tidak berjalan lagi.

"Yang sudah tidak ada itu milik warga Kamoro di kampung Tipuka. Yang di Hasanuddin itu sangat berkembang dan sering dijual hingga ke pulau Jawa," ungkapnya.

Selain dua usulan tersebut, menurut dia, di tahun 2021 juga ada pengembangan pembinaan kelompok tani buah merah, nanas dan yang lainnya. Program pembuatan peta kerawanan pangan yang mencakup ke 133 kampung guna mengetahui adanya kekurangan gizi dan yang lainnya.

“Kalau nantinya ditemui potensi kekurangan di satu kampung tertentu maka akan dipasokan dari kampung lain yang punya kelebihan akan kebutuhan pangannya,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar