Timika Diguncang Gempa Tektonik 4.5 SR, Dirasakan di Tembagapura

Bagikan Bagikan
(Foto:BMKG Timika)

SAPA (TIMIKA) - Pada Selasa, (13/10/2020) sekitar pukul 12.52 WIT wilayah Kabupaten Mimika diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki kekuatan 4.5 SR, dengan Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.48 LS dan 136.96 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada 58 km Timur Laut Mimika pada kedalaman 33 km.

Petugas BMKG Mimika, Tesla Kadar Dzikiro kepada Salam Papua, Selasa (13/10/2020) membenarkan kejadian tersebut.

"Gempa bumi di Kabupaten Mimika dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal," katanya.

Dampak Gempa bumi tersebut kata Tesla dirasakan di Tembagapura dengan intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dan pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website resmi BMKG, atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar