Wabup Mimika: Aparat Pemerintah Tugasnya Sebagai Fasilitator, Jangan Diam Saja!

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM menyayangkan beberapa sumber bantuan dari pemerintah pusat kepada masyarakat di Mimika tidak berjalan efektif karena data yang kurang akurat.

Hal ini disampaikan Wabup John pada kegiatan Seminar bertema “Membangun Sinergitas Mewujudkan Data Kependudukan yang Akurat dan Multiguna” yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika, bertempat di salah satu hotel di Timika, Selasa (6/10/2020).

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM foto bersama
dengan para Kepala Distrik (Foto: SAPA/ Jefri Manehat)

Kurang akuratnya data penduduk, kata Wabup John, tidak saja menjadi kendala bagi bantuan kepada masyarakat, namun juga menjadi problem utama dalam setiap keputusan atau kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Karena data tersebut menjadi faktor pendukung segala kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

"Setiap tahun selalu ada bantuan dari pemerintah pusat kepada masyarakat di Mimika, namun itu tidak efektif karena data yang ada tidak akurat," ujar Wabup John pada Selasa (6/10/2020).

Menurut Wabup John, seharusnya kepala Distrik, Kelurahan hingga tingkat yang paling bawah untuk mengetahui hal ini dan selalu punya data yang valid,  sehingga ketika ada bantuan yang ditujukan kepada masyarakat, Distrik, Lurah dan Kampung telah memiliki data itu dan bantuan yang diberikan tepat pada sasarannya.

"Nanti pada saat ada bantuan dan memerlukan bantuan, baru salahkan Dinas terkait, padahal kita sendiri tidak sadar untuk melakukan hal ini," ujarnya.

Dia pun menegaskan agar setiap aparat pemerintah untuk fokus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi).

"Aparat pemerintah tugasnya sebagai fasilitator, jangan tidur, jangan diam saja, perhatikan hal ini. Berjalan sesuai dengan tupoksi, jangan kita tinggalkan tupoksi kita dan pergi kerja hal yang diluar tupoksi kita," tegasnya. (Jefri Manehat)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar