Wajah Kota Semrawut, Mimika Perlu Buatkan Perda Mengatur Instalasi Kabel

Bagikan Bagikan

Kabel yang bergelantungan di sekitar Bundaran Timika Indah (Foto-SAPA-Acik)

SAPA (TIMIKA)
- Melihat kondisi instalasi kabel yang saat ini menjadikan wajah kota semrawut maka Pemkab perlu buatkan perda khusus yang mengaturnya.

Hal ini disampaikan Manajer PLN Timika, Martinus Irianto Pasensi. Menurut dia, atas persoalan pemasangan kabel  yang  semrawut tentunya hanya PLN yang menjadi sorotan, padahal selain PLN ada juga perusahaan lain yang memasang kabel serupa seperti Telkom, TV kabel termasuk PDAM, sehingga sangat perlu adanya aturan khusus yang mengatur agar semua yang berkaitan dengan instalasi kabel harus disatukan dengan mengubur di bawah tanah atau sistem underground.

"Kita berkaca di beberapa kota besar lainnya ada perda yang mengatur khusus tentang hal itu. Contohnya di Surabaya. Itupun sudah mulai diupayakan di Kota Jayapura. Kita tidak tahu apakah di Mimika sudah ada atau belum, tapi kalau belum, nanti harus didiskusikan bersama Pemkab, karena semuanya berkait dengan prodak hukum," tutur Martinus di ruang kerjanya, Jumat (23/10/2020).

Untuk saat ini, khusus PLN tetap mengikuti undang-undang yang mengatur terkait instalasi jaringan yang harus sesuai ruas jalan dan ketentuan lainnya. 

"Kalau mau cari kesalahan, bola liarnya akan ada di mana-mana, tetapi kalau kita bicarakan hal ini secara bersama maka akan ada jalan keluarnya. Salah satunya dengan adanya perda, dengan pasti nantinya semua akan mengikuti aturannya, baik PLN, Telkom, TV kabel, PDAM ataupun yang lainnya," katanya.

Saat ini di arah ke Poumako telah ada yang menggunakan sistem underground dan itu perlu dibahas bersama agar ketika nanti PLN melakukan hal yang sama tidak harus digali atau dibongkar ulang.

"Memang hal ini bukan hanya harapan kami di PLN saja, tapi perushaan lainnya juga tentunya  akan mengikuti. Kalau sudah ada prodak hukumnya maka estetika Kota Timika pasti jauh lebih bagus," ujarnya.

Terkait dengan pembenahan, saat ini petugas lapangan PLN digenjot terus untuk menginventarisasi semua jaringan yang ada, baik tegangan menengah, JTR dan yang lainnya hingga ke rumah-rumah warga dengan perhitungan guna masuk kedalam data rencana anggaran untuk selanjutnya diminta ke pusat untuk dikerjakan.

"Itu untuk perbaikan, tapi tidak serta merta diperbaiki saja, tapi semua itu butuh anggaran, sehingga harus diinventarisasi. Itu yang sementara teman-teman survei di lapangan," katanya. (Acik)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus