15 Parpol di Mimika Lolos Verifikasi Untuk Terima Bantuan Dana dari Pemkab

Bagikan Bagikan
Kepala Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba mengatakan sejumlah partai politik (Parpol) di Mimika sudah mengajukan berkas untuk dicairkan bantuan  keuangan.

Menurut Yan, dana tersebut tergantung verifikasi berkas yang diajukan dalam bentuk program untuk pengembangan Parpol.

Dimana sesuai hasil koordinasi dengan BPK, disampaikan untuk pencairan dana harus ada usulan Parpol,  yang selanjutnya legislatif membentuk panitia, sehingga angka yang diberikan atau ditetapkan dapat dipertanggungjawabkan nantinya.

"Prosesnya itu kan ada dari Parpol yang ditugaskan untuk mengumpulkan dokumen syarat penerima bantuan dana partai politik. Sejauh ini 15 partai yang sudah lolos verifikasi," ungkap Yan yang ditemui wartawan di Keuskupan Timika jalan Cenderawasih, Kamis (5/11/2020).

 Sesuai SK Bupati yang telah ditetapkan, anggaran yang diberikan kepada setiap partai sesuai dengan jumlah suara yang sah, dengan nilai Rp 4.600 per surat suara yang sah.

Untuk pencairan dana, Yan mengaku sudah mendorong bagian keuangan. Terhadap besarnya dana untuk Parpol, tentunya kembali kepada kemampuan keuangan daerah.

"Setiap Parpol yang diberikan bantuan  keuangan wajib mempertanggungjawabkan keuangan dan kegiatan sesuai yang diajukan, paling lama satu bulan sebelum memasuki akhir tahun," tutupnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar