20 Personil SAR Mimika Ikut Latihan Helly Rescue

Bagikan Bagikan
Suasana Pembukaan kegiatan (Foto:SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) – Untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pencarian dan pertolongan, 20 Personil SAR Mimika mengikuti pelatihan Helly Rescue.

Kegiatan ini berlangsung dari hari ini, Senin (2/11/2020) dan akan berakhir pada Rabu (4/11/2020), yang diikuti oleh personil rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika.

Kegiatan tersebut berlangsung di dua tempat yaitu untuk materi kelas dan praktik kering dilaksanakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika dan untuk praktik lapangannya dilaksanakan di mako Lanud Yohanis Kapiyau Timika dan area sekitar bandara Timika, hal tersebut dikarenakan dalam praktik lapangannya menggunakan Helly jenis Caracal EC725 milik TNI AU.

Kepala Kantor SAR Timika, Monce Brury dalam sambutannya mengatakan wilayah kerja SAR Mimika sangat luas yakni 50 persen adalah lautan dan 50 persen lagi adalah pegunungan, dimana pada tahun 2019 pernah terjadi insiden kecelakaan pesawat di pegunungan Ilaga. Selain itu, beberapa bulan yang lalu terjadi kecelakaan udara di Nabire yang mana crew dari Timika ikut dalam melakukan evakuasi.

“Mengacu pada kecelakaan tersebut, maka lewat latihan SAR Daerah tahun 2020 ini kami adakan latihan Helly Rescue, adapun tujuannya untuk mengasah potensi anggota SAR, untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa yang akan datang,” kata Monce.

Ia juga menyampaikan tantangan terberat SAR tahun 2021 mendatang yaitu menghadapi dua event besar yaitu Pesparawi dan PON, sehingga perlu adanya keterampilan-keterampilan yang harus digalakan kembali baik itu kesiapan fisik maupun peralatan.

“Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut mampu menambah wawasan bagi personil dalam memberikan respon cepat sesuai dengan visi SAR yaitu mencari, menolong dan mengevakuasi serta selalu siap dalam menghadapi segala musibah baik pelayaran maupun penerbangan,” tuturnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar