Anggota TNI yang Hilang di Kali Kabur Banti Timika Hingga Saat Ini Belum Ditemukan

Bagikan Bagikan
Anggota TNI saat melakukan pencarian terhadap Prada Hengky Sumarlin Zai (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Pencarian terhadap anggota TNI Yonif 756/WMS, Prada Hengky Sumarlin Zai yang dikabarkan hilang tanggal 17 November lalu, hingga saat ini belum ditemukan.

Hal ini lantaran terkendala cuaca buruk dan medan berat di wilayah hilangnya Prada Hengky Sumarlin Zai yaitu di Kampung Utikini Distrik Tembagapura.

Asops Kogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo mengatakan bahwa ratusan personel TNI sudah diterjunkan untuk proses pencarian. Dibantu dengan pihak kepolisian Polsek Tembagapura dan BKO Brimob Satgas Pamrahwan.

Pencarian pun dilakukan dengan menyisir beberapa wilayah terdekat dari lokasi terakhir keberadaan Prada Hengky Sumarlin Zai di Kampung Utikini.

Pencarian lewat jalur darat itu pun terkendala kondisi geografis berupa hutan dan pegunungan. Pencarian juga sulit dilakukan karena arus di Kali Kabur cukup deras.

"Sekitar 130 personel melakukan penyisiran di sekitar lokasi yakni di Utikini sampai Kali Kabur. Selama proses pencarian, ada kendala-kendala yang dialami seperti cuaca yang buruk dan medannya yang berat," kata Suswatyo saat ditemui di Bandara UPBU Mozes Kilangin Timika, Kamis (26/11/2020). 

Dikatakannya, wilayah di Distrik Tembagapura sangat berbeda dengan lainnya.  Pada sore hari, cuaca di wilayah tersebut berkabut.

"Kita sedang berupaya. Kendalanya, wilayah Tembagapura pada sore hari sudah berkabut. Tentu ini juga menyulitkan," sambungnya sembari mengatakan bahwa situasi keamanan pun menjadi acuan dalam proses pencarian.

Terkait hilangnya Prada Hengky Sumarlin Zai itu, sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Tidak ada indikasi tembak menembak, sehingga  kemungkinan yang terjadi bisa saja terseret atau hal lainnya.

Untuk diketahui, Prada Hengky Sumarlin Zai bersama belasan anggota lainnya melaksanakan patroli dan menyusuri sungai sesaat sebelum Prada Hengky menghilang.

Prada Hengky memakai pakaian seragam lengkap dengan pengamanan yakni rompi dan helm serta membawa satu pucuk senjata ss2 v4 no senjata : 01-4296, bertugas sebagai anggota pengintai depan.

Selanjutnya, kelompok pengintai depan melihat adanya honai yang dicurigai di pinggir kali kabur. Saat mendekati sasaran, terlihat satu orang yang mencurigakan melarikan diri, sehingga tim bergerak untuk melakukan pengejaran.

Setelah pengejaran dan melewati sasaran, tim melaksanakan konsolidasi dan didapati bahwa Prada Hengky Sumarlin Zai tidak diketahui keberadaannya. Sebelumnya, buddy system yang bersangkutan sempat terlihat bergerak di sepanjang sungai.

Laporan kehilangan Prada Hengky Sumarlin Zai pun sudah disampaikan ke pihak keluarga. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus