Bangunan Milik Pemerintah Mubazir, Pasar Harian SP4 Mimika Sangat Berantakan

Bagikan Bagikan
Pasar harian di perempatan SP4 ke SP1 yang sangat berantakan (atas) dan Gedung pasar SP4 yang Mubazir (bawah) (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Ketua RT 11 Kelurahan Wonosari Jaya Distrik Wania mengaku bahwa gedung pasar minggu yang telah lama dibangun Pemkab Mimika tidak difungsikan, sehingga menjadi mubazir.

Sedangkan kondisi pasar harian yang ada di perempatan SP1,SP4, Timika ke Mapurjaya sangat berantakan hingga menyempit ke badan jalan. Pasar ini juga tidak memberikan retribusi sedikit pun ke PAD Mimika.

"Kita lihat kondisi di pasar itu setiap sore hari sangat berantakan dengan kondisi jalan yang sudah berlubang. Dagangan dipajang di pinggiran jalan dan kendaraan lalu lalang," ungkapnya saat menghadiri reses anggota DPRD Mimika, Drs.Leonardus Kocu di ruang pertemuan kantor Kelurahan Wonosari Jaya, Rabu ini(18/11/2020).

Selain persoalan itu, pembangunan drainase jalan masuk dari perempatan ke SP4 sangat membingungkan warga lantaran yang dibangun selama bertahun-tahun hanya drainase di sisi bagian kanan, sedangkan sisi bagian kiri dibiarkan dalam kondisi yang memprihatinkan.

"Kalau kita masuk ke SP4, drainase bagian kanan itu sementara dikerjakan. Itu selalu diperbaiki setiap tahunnya, sementara yang bagian kiri itu tidak pernah diperbaiki, makanya selalu terjadi luapan air," tuturnya.

Persoalan ini sudah didiskusikan bersama Kelurahan dan Distrik, akan tetapi semua tergantung dari jenjang yang paling atas selaku pengguna anggaran.

Dengan demikian diharapkan melalui suara anggota dewan bisa diteruskan ke Pemkab Mimika khususnya dinas terkait agar kondisi ini bisa teratasi.

Menanggapi hal ini, Drs. Leonardus Kocu mengatakan bahwa keprihatinan para RT atas kondisi pasar tersebut juga menjadi kekhawatirannya. Hal ini telah didiskusikan sebelum dirinya  menjadi anggota dewan bersama Kepala Distrik.

Selanjutnya setalah menjadi anggota dewan juga telah diusulkan pada saat pembahasan APBD Perubahan anggaran tahun 2020 agar harus menyelesaikan pembayaran lahan pembangunan pasar tersebut.

Yang diperjuangkan dewan adalah bagian Pertanahan harus menyelesaikan pembayaran tanahnya. Bagian pertanahan pun mengaku bahwa harus ada usulan dari Disperindag.

"Saya sudah dengarkan keluhan ini juga dari Kepala Distrik. Amburadulnya pasar itu sangat penting diatasi, karena kita harus pikirkan soal keselamatan. Pasar itu pas di lampu merah. Kami sudah usulkan di pembahasan APBD Perubahan supaya selesaikan pembayaran lahan gedung pasar itu supaya bisa difungsikan dan tidak lagi berjualan di perempatan itu," katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus