Bea Cukai Amamapare Timika Turut Serta Memperingati Hari Oeang Nasional Secara Virtual

Bagikan Bagikan
 Kepala Kantor Bea Cukai Amamapare Timika saat mengikuti upacara peringati hari Oeang Nasional secara Virtual (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Tanggal 30 Oktober 1946 merupakan titik awal bangsa Indonesia tidak lagi bergantung pada mata uang asing, yang ditandai dengan penerbitan ORI. Selanjutnya, 30 Oktober disahkan sebagai Hari Oeang Republik Indonesia (ORI) yang menegaskan rupiah sebagai alat pembayaran atau transaksi yang sah.

Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke 74 ini diperingati dalam kondisi pandemi covid-19, dengan mengambil tema “Peduli, Responsif, Adaptif Atasi Pandemi, Bangkitkan Ekonomi”. Meskipun peringatan Hari ORI tahun ini diselenggarakan dengan lebih sederhana, diharapkan tidak mengurangi esensi dari kegiatan ini untuk menjalin kekompakan dan sinergi di antara pegawai, dalam rangka mempererat hubungan kekeluargaan di Kementerian Keuangan.

I Made Aryana selaku Kepala Kantor Bea Cukai Amamapare Timika menjelaskan dirinya beserta seluruh jajarannya turut serta dalam rangkaian Puncak Peringatan Hari Oeang ke 74.

"Upacara dan Family Gathering Peringatan Hari Oeang ke-74 secara Virtual dipimpin oleh Menteri Keuangan dan diikuti oleh Wakil Menteri Keuangan, dan jajaran pimpinan Kementerian Keuangan melalui link yang sudah diinformasikan sebelumnya kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan yang ada di seluruh nusantara," kata Made, Sabtu (31/10/2020).

Kegiatan virtual tersebut dilaksanakan pada Sabtu (31/10/2020) pukul 07.30 - 12.00 WIB.

Made mengatakan Kementerian Keuangan saat ini sedang fokus menjaga keuangan negara serta menangani dampak pandemi Corona.

"Oleh karena itu, tema perayaan Hari Oeang yang ke-74 ini adalah adaptif, responsif, dan peduli," ujarnya.

Ia menjelaskan, menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, tema tersebut sangat relevan dengan apa yang dilakukan Kementerian Keuangan di tengah pandemi covid-19.

"Menteri Keuangan mengatakan bahwa saat covid-19 melanda tanah air, Kementerian Keuangan telah menyesuaikan APBN sebagai alat yang menangani dampaknya serta memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan usai upacara Hari Oeang Nasional ke-74, kegiatan dilanjutkan dengan acara Virtual Family Gathering yang dihadiri oleh Menteri Keuangan, Wakil Menteri Keuangan, para pejabat eselon I, dan seluruh jajaran Kementerian Keuangan beserta keluarga sebagai salah satu wujud sinergi antara seluruh unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam acara tersebut juga terdapat acara surprise performance dan door prize bagi penonton terpilih.

"Salah satu kegiatan yang juga dilaksanakan dalam memeriahkan peringatan hari ORI ke 74 adalah dengan menyelenggarakan lelang sukarela terhadap barang koleksi pribadi (preloved) Menteri Keuangan, Wakil Menteri Keuangan, dan para pejabat Eselon I Kementerian Keuangan, serta barang produk UMKM, yang dilaksanakan melalui Portal Lelang Indonesia: https://lelang.go.id/, dengan melibatkan seluruh keluarga besar Kementerian Keuangan untuk turut berpartisipasi dalam melakukan penawaran. Hasil Kegiatan lelang dimaksud akan dipergunakan untuk kegiatan sosial," tuturnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus