Dalam Melaksanakan KKN, Mahasiswa Universitas Timika Dituntut Bantu Pemerintah Perangi Covid-19

Bagikan Bagikan

Rektor Universitas Timika, Theresia Yunie Puspita,S.Psi.,MM, saat mengenakan atribut KKN kepada mahasiswa (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) – Di tengah pandemi covid-19, Universitas Timika mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam format yang berbeda.

Wakil Rektor Satu Universitas Timika (Untim), Johanis Isack Baransano,SP,MP dalam sambutannya pada acara pelepasan peserta KKN mahasiswa Untim Tahun Akademik 2020/2021, pada Kamis (5/10/2020) mengatakan KKN yang diadakan Untim memiliki format yang tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya apalagi di tengah pandemi covid-19.

Tahun sebelumnya biasanya KKN dilakukan secara berkelompok, tapi pada pelaksanaan KKN kali ini dilakukan secara individu di tempat tinggal masing-masing mahasiswa untuk menghindari kerumunan,  dan mahasiswa dalam kegiatannya tetap mematuhi protokol kesehatan, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

"Kegiatan KKN tahun ini, lebih fokus pada penanggulangan covid-19,  dimana untuk membantu pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Mimika memerangi covid-19 dan persoalan kesehatan lainnya," kata Isack.

Menurut dia, mahasiswa KKN juga dituntut untuk dapat membantu pemerintah dalam mengeliminasi malaria dan untuk mengembangkan sumber daya manusia di Mimika, sehingga kegiatan-kegiatan KKN tahun ini dapat benar-benar menyentuh masyarakat.

"Untuk kegiatan KKN ini, selain membantu pemerintah memerangi masalah kesehatan di Mimika, mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan SDM dengan turut membantu masyarakat dalam menemukan hal-hal baru terlebih khusus bagi orang asli papua dalam mengembangkan usahanya atau apa yang menjadi kearifan lokal dengan memanfaatkan gadget sebagaimana bentuk dari modernisasi," tuturnya.

Untuk mengedukasi masyarakat di tengah pandemi covid-19 ini, mahasiswa tidak harus bertatap muka langsung dengan masyarakat, namun mahasiswa dapat memanfaatkan gadgetnya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat secara luas.

Sementara itu, Rektor Universitas Timika, Theresia Yunie Puspita,S.Psi.,MM dalam arahannya, berharap mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang selama ini didapat untuk dapat diimplementasikan kepada masyarakat dalam hal menumbuhkembangkan sumber daya manusia (SDM).

Sambutan Rektor tersebut sekaligus pelepasan peserta KKN, yang ditandai dengan penyerahan atribut KKN kepada mahasiswa Untim.

Theresia mengungkapkan, KKN yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat, peserta KKN dapat mengimplementasikan Tri-Dharma Perguruan tinggi di tengah masyarakat dengan baik.

"Setiap mahasiswa harus mampu menunjukkan perfoma yang baik, agar bisa menjadi bekal ke depan dan kelak dapat diandalkan," tutup There sapaan karibnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar