Gedung Mewah Kantor Bapenda Mimika Dibangun Tahun Ini

Bagikan Bagikan
Model Gedung Bapenda Mimika  yang ditampilkan pada seminar akhir pembangunan Gedung  (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Gedung baru kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika mulai didirikan tahun ini.

Gedung kantor Bapenda yang akan dibangun di jalan Yos Sudarso, Distrik Mimika Baru (Miru) itu berdiri di atas lahan seluas 7.600 meter persegi dengan luas bangunan 1.080 meter persegi  pada lantai dasar dan total luas bangunan 3.060 meter persegi.

Estimasi biaya untuk bangunan 3 lantai itu sebesar Rp 55.185.080.000. Demikian diketahui dalam pemaparan tim konsultan pada presentase akhir dokumen perencanaan pembangunan gedung kantor Bapenda Kabupaten Mimika.

Seminar yang digelar di Kantor Bappeda Kabupaten Mimika, jalan Poros Sp3 itu dipimpin oleh Sekretaris Bappeda, Hilar Helty Limbong Allo, dan kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Mimika, Syahrial.

Dalam sambutan awalnya, Syahrial  mengatakan seiring dengan laju pertumbuhan perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Mimika yang semakin pesat dengan jumlah penduduk yang terus meningkat, maka meningkat pula tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah yang profesional, efesien, efektif, transparan dan tanggap terhadap aspirasi masyarakat.

"Untuk meningkatkan peran tersebut, khususnya Bapenda, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya adalah membangun kantor yang representatif," kata mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan itu.

Syahrial menilai, kondisi kantor Bapenda Mimika saat ini sudah tidak memadai, sehingga untuk memperlancar kinerja instansi diperlukan kapasitas penambahan ruangan dengan membangun gedung kantor baru.

Dikatakan, berdasarkan Perpres nomor 73 tahun 2011 tentang bangunan gedung negara, pelaksanaan pembangunan gedung negara dilalui melalui 3 tahapan, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi dan pengawasan.

"Untuk memenuhi tahapan awal maka diperlukan penyusunan SID dan DED, perencanaan gedung kantor Bapenda Mimika. Dalam merencanakan pembangunan perlu perencanaan yang matang, ditinjau dari segi keamanan, biaya, kegunaan, bentuk, arsitektur, struktur maupun jasa yang tersedia, sehingga pembangunan gedung direncanakan dan dirancang dengan sebaik-baiknya. Agar dapat memenuhi kriteria tersebut teknis bangunan yang layak dari segi mutu, biaya, dan kriteria administrasi bagi bangunan negara. Bangunan kantor yang memadai dapat menciptakan sistem atau mekanisme kinerja instansi pemerintah yang lebih optimal," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi perkembangan pembangunan di Kabupaten Mimika, diperlukan pula perencanaan yang terarah dan sejalan dengan RT/RW Kabupaten Mimika, sehingga pemanfaatan dan peruntukan ruang, tertata dengan baik.

Menurutnya, bangunan kantor baik ataupun tidaknya, sebagai pemerintah tetap melakukan pelayanan sesuai aspek pelayanan yang prima.

"Walau kita punya gedung bagus tapi SDM tidak memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, itu namanya sia-sia saja. Jadi pelayanan yang baik harus selalu di kedepankan," ajaknya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar