Jelang 1 Desember Patroli Keamanan di Mimika Ditingkatkan

Bagikan Bagikan
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G Era Adhinata (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G Era Adhinata mengatakan bahwa jelang tanggal 1 Desember patroli keamanan lebih ditingkatkan di Mimika.

Menurut Kapolres, hal ini penting dilakukan guna mengantisipasi gerakan dari saudara dan saudari yang anti NKRI, dalam hal ini KKSB yang selalu menunjukan eksistensinya.

"Tanggal 1 Desember itu bertepatan dengan HUT OPM dan kami akan tingkatkan patroli seperti biasanya, tentunya berkaitan dengan KKSB yang ingin selalu tunjukan eksistensinya,” kata AKBP I Gusti di ruang kerjanya, Kamis (26/11/2020).

Dijelaskan juga bahwa menjelang hari Natal tentunya akan ada peningkatan kriminalitas, sehingga operasi premanisme terus ditingkatkan guna mencegah aksi pencurian disertai kekerasan (Curas) dan tindakan kriminalitas lainnya. Memang selama ini ada beberapa pelaku yang diamankan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada pelaku-pelaku lainnya yang bisa menambah jumlah kasus kriminalitas termasuk aksi yang akan ditindak tegas adalah adanya pemalangan-pemalangan jalan.

“Salah satu contohnya yang telah ditindak tegas adalah pemalangan yang telah terjadi di wilayah SP2,” tuturnya.

Untuk mendukung Kepolisan, juga akan memanfaatkan pos kamling di setiap wilayah dan komunitas kemasyarakatan serta pemuda Masjid.

Diingatkan juga agar Pemkab Mimika melalui dinas terkait bisa memperbaiki lampu jalan yang tidak berfungsi di sepanjang jalan Cenderawasih. Sebab, tidak berfungsinya lampu jalan bisa memberi peluang bagi pelaku kejahatan untuk beraksi seperti begal atau Curas. Diungkapkan secara pasti kepolisian tetap rutin menjalani patroli di malam hari.

Selain penerangan jalan, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjamin Kamtibmas di Mimika, karena Kepolisian tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa adanya bantuan dari masyarakat.

"Kalau bisa secepatnya lampu jalan yang rusak itu diperbaiki dan yang belum terpasang juga harus dipasang supaya tidak gelap saat malam hari. Kalau gelap, bisa dimanfaatkan pelaku kejahatan. Untuk pelaku begal yang beberapa waktu lalu itu sudah kami amankan," ungkapnya.

Selanjutnya, mengingat hingga saat ini masih pandemi covid-19 maka diharapkan masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan, baik untuk kegiatan menjelang Natal dan Tahun Baru, maupun kegiatan lainnya demi jaminan kesehatan masing-masing.

"Masyarakat semuanya sudah tahu protokol kesehatan yang harus diterapkan itu seperti apa yaitu tetap menggunakan masker, jaga jarak atau hindari kerumunan, cuci tangan dan yang lainnya. Tentunya TNI dan Polri akan tetap menjadi garda terdepan dalam pengawasan protokol kesehatan ini," katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar