Kadis Lingkungan Hidup Mimika: Pengerukan Material di Jalan Trans Nabire Bukan Kewenangan Pemkab Mimika

Bagikan Bagikan

Kadis Lingkungan Hidup Mimika, Limi Mokodompit (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Pengerukan material pasir di wilayah jalan Trans Nabire kian meluas, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika minta  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika tidak tinggal diam.

Namun Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika, Limi Mokodompit ketika dikonfirmasi mengatakan pengerukan material pasir tersebut serta izin lingkungan bukan lagi menjadi kewenangan Pemkab Mimika melainkan kewenangan Provinsi.

"Material itu berkaitan dengan tambang, dan segala yang berhubungan dengan pertambangan, kehutanan dan  izin lingkungannya itu bukan lagi menjadi tanggungjawab Kabupaten, kewenangan sudah ada di Provinsi dan izin lingkungan juga Provinsi yang terbitkan. Kalau ada hal yang memang menurut kita kurang baik, kita hanya sebatas koordinasi saja, karena kita tidak punya kewenangan di situ," ungkap Limmi pada Sabtu (14/11/2020).

Seperti yang pernah disampaikan Wakil Ketua Komisi C DPRD Mimika, Martinus Walilo, Pemkab Mimika harus memastikan perizinan serta kontribusinya untuk Mimika. Sebab, jangan sampai kekayaan alam habis dikeruk, tetapi tidak memberikan apa-apa untuk Mimika, meski urusan izin pengerukan itu telah dilimpahkan ke Provinsi, akan tetapi Unit Pelaksana Teknis Daerah  (UPTD)  tetap harus  mengawasi itu. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus