Kepala BPKAD Sebut APBD-P Mimika Tidak Ditolak, Hanya Diminta Penyempurnaan Dokumen

Bagikan Bagikan
Kepala BPKAD Mimika, Marthen Malisa (Doc:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Mimika tahun 2020 senilai Rp 4 triliun lebih yang telah ditetapkan legislatif dan eksekutif Mimika pada beberapa waktu lalu, mendapat catatan dari Tim Anggaran Daerah (TAPD) Provinsi Papua.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marthen Malisa pada Senin (2/10/2020) mengungkapkan hasil evaluasi APBD Perubahan bersama tim Provinsi, terdapat beberapa catatan yang harus ditindaklanjuti segera.

Pernyataan tersebut juga sekaligus membantah  pernyataan anggota DPRD Mimika yang menyebutkan bahwa APBD Perubahan Kabupaten Mimika ditolak TAPD Provinsi Papua.

"APBD-P sudah dilakukan evaluasi, dan semua tahapan sudah dilalui juga telah ada persetujuan bersama dengan DPRD Mimika. Hasil evaluasi bersama tim Provinsi, ada beberapa poin yang disampaikan Provinsi dan itu segera ditindaklanjuti sebagai penyempurnaan dokumen," ungkap Marthen ketika ditemui di ruang kerjanya.

Dijelaskan, terkait APBD Perubahan hanya penyempurnaan atau perbaikan terhadap beberapa nomenklatur yang perlu disesuaikan belanjanya.

"Ya namanya juga perubahan, pada saat evaluasi biasanya ada tanggapan dari Provinsi melihat hal-hal yang mungkin harus diperbaiki, sehingga itu menjadi tugas kita untuk segera memperbaiki, tapi bukan ditolak," ungkapnya.

Dalam perubahan dan catatan tim Provinsi, memang ada beberapa kegiatan yang tidak diakomodir, namun bukan perihal pembelian lahan untuk pembangunan sekolah dan kantor UMKM.

"Pembelian lahan itu untuk menunjang pelaksanaan pemerintah, dan itu sudah ada perencanaannya. Jika perencanaan sudah ada, kenapa kita harus tunda sepanjang anggaran tersedia," ujarnya.

Sementara itu, anggaran penanggulangan covid-19 masuk dalam belanja tak terduga (BTT).

"Anggaran awal sebesar Rp 237 Miliar sudah terserap semua. Hanya saja kita tidak tahu covid-19 ini akan berakhir dan anggaran itu kita sudah siapkan di BTT, karena setiap anggaran untuk penanggulangan covid-19 harus melalui BTT, disesuaikan dengan kebutuhan pada instansi teknis terkait,” tambahnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus