Langgar Perda, Banyak Pengusaha di Timika Buang Sampah Sembarangan

Bagikan Bagikan
Salah satu tumpukan sampah pengusaha yang dibuang sembarang di jalan Ahmad Yani (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Banyak pelaku usaha atau pengusaha di Timika yang membuang sampah sembarangan.

Hal ini disampaikan oleh pengawas lapangan petugas kebersihan kota Timika, Sudjanji.MD.  Menurut dia, aturan yang ditetapkan dalam Perda sampah, setiap pengusaha yang menghasilkan sampah lebih dari satu kubik per hari seharusnya langsung membuang ke TPA di Iwaka. Namun hal itu belum diindahkan atau melanggar Perda tersebut, di mana saat ini masih sangat banyak sampah yang bersumber dari tempat usaha yang dibuang bukan pada TPS yang telah ditentukan, tetapi secara sembarangan di pinggiran jalan.

“Kami sebagai petugas kebersihan selalu aktif sesuai jam kerja, tetapi masalahnya masyarakat belum sadar. Khususnya yang merupakan pengusaha itu masih sangat banyak yang buang sampah sembarangan. Padahal sesuai aturan, pengusaha itu harus buang langsung sampahnya ke TPA, karena mereka miliki kendaraan sendiri,” tuturnya di pelataran kantor DLH, Senin (2/11/2020).

Hal yang sama pun disampaikan oleh Kepala DLH Mimika, Ir. Limi Mokodompit. Dijelaskan bahwa kebersihan kota sangat tergantung pada kesadaran masyarakat termasuk  para pengusaha.

Menurut dia, volume sampah di Mimika kian meningkat seiring penambahan penduduk. Meski demikian, DLH tetap berupaya menangani sampah melalui penambahan armada pengangkut, tenaga kebersihan dan kesejahteraan petugas kebersihan.

Salah satu yang harus diperhatikan dalam penanganan sampah adalah adanya dukungan dari Pol-PP. Sebab, meski DLH gencar membersihkan kota, akan tetapi jika Pol-PP selaku dinas pengeksekusi tidak bertindak tegas maka tidak akan ada efek jera dari masyarakat.

“Kita tahu selama ini bagaimana upaya dari DLH untuk persoalan sampah ini. Itu juga bisa dilihat dengan upaya petugas kebersihan kita. Jadi kita berharap Pol-PP juga aktifkan kembali apa yang sudah pernah dijalankan,” ujar Limi.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa saat ini TPA Iwaka telah rata, sehingga tidak ada lagi gunungan sampah.

Untuk tahun 2021, DLH juga mendapatkan alokasi anggaran dari APBN guna pembangunan Bank sampah, rumah kompos dan pusat daur ulang (PDU)  di TPA Iwaka. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  2. QQHarian merupakan Website Best Betting Online Indonesia Terlengkap, Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan Memberikan Promo Terbaru nya Ke semua member ( Baik Member Baru Maupun Member Setia QQHarian ) Untuk Game SPORTSBOOK ialah EVENT PESTA GOAL BONUS CUMA - CUMA IDR. 1.000.000,- Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 =

    🏹 Situs Resmi QQHarian ( CLICK DISINI ) :)
    🏹 https://biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian )
    🏹 https://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )

    BalasHapus