Marak Pencurian Daya Listrik di Mimika, PLN Beri Efek Jera

Bagikan Bagikan
Pihak PLN Mimika saat melakukan jumpa pers (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Kepala PLN UP3 Timika, Martinus Irianto Pasensi mengatakan pencurian listrik masih terjadi di Kabupaten Mimika.

Dalam jumpa pers pada Jumat (13/11/2020) Martinus mengatakan PLN akan memberikan denda kepada siapa saja yang terbukti melakukan pencurian listrik, hal itu untuk memberikan efek jera.

Untuk mengatasi pencurian aliran listrik di Mimika, Martinus mengungkapkan bahwa terdapat sistem listrik pintar PLN yang ada di meteran listrik, dengan begitu apabila ada kejanggalan akan terlihat.

"Contohnya pada daya 2200 pemakaian paling banyak 200 ribu hingga 300 ribu perbulan tetapi di sistem pembelian hanya 50 ribu perbulan, dalam sistem ini akan terlihat dan kalau sudah terlihat tim akan langsung turun dan kebayakan yang kita datangi itu modusnya mereka ambil dari kabel yang sebelum masuk meter," ungkap Martinus.

Biasanya menurut Martinus, pencurian listrik tersebut kebayakan untuk alat rumah tangga yang menggunakan daya listrik besar seperti lemari es atau AC, sehingga daya listrik yang digunakan hanya sedikit.

Dia menambahkan bahwa sampai hari ini pecurian listrik di Kabupaten Mimika masih cukup signifikan. Pihaknya setiap hari selalu mendapati target praktik pencurian listrik. Terhadap pelanggan yang melakukan praktik demikian akan dikenakan denda sebesar sembilan bulan pemakaian dikalikan empat. Tim pemeriksaan aliran listrik setiap hari berjalan mendatangi pelanggan yang diduga melakukan pencurian listrik.

"Denda KWH yang dipakai yang tidak terukur di meteran itu yang harus dibayar. Dendanya sembilan bulan pemakaian dikali tiga sampai empat kali lipat, meskipun baru mencuri satu hari ataupun sudah lima tahun ketahuan itu tetap dendanya," ujarnya.

Selain denda adapun sanksi pidana yang dapat dikenakan, sebagaimana diatur dalam Pasal 51 ayat (3) Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus