Maskapai Cargo Bertambah, Trafik Layanan UPBU Mozes Kilangin Capai 100 Perhari

Bagikan Bagikan
Salah satu maskapai layanan pengangkutan beras Bulog di UPBU Mozes Kilangin Timika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Deraya Air mendarat perdana, jumlah maskapai layanan cargo di UPBU Mozes Kilangin Timika bertambah, sehingga trafik layanan transportasi udara khusus cargo naik menjadi 100 per hari.

Kepala AirNav Indonesia Cabang Timika, Andi Nurwansyah mengaku bahwa trafik tersebut tergolong menurun selama pandemi covid-19, karena sebelumnya saat normal berkisar 120 hingga 130 per harinya dengan jenis pesawat besar 30 persen dan pesawat kecil 70 persen. Hadirnya Deraya Air maka jumlah pesawat cargo ukuran besar bertambah selain Batik air, Trigana, Jayawijaya, Tri MG, Wings serta Maindo.

“Saat keadaan normal trafiknya sekitar 120 hingga 130 per hari kecuali hari Minggu. Semenjak pandemi covid-19 menjadi 100-an. Untuk hari Minggu hanya berkisar 60 hingga 70 dengan hitungan mulai jam 9.00 WIT hingga 20.59 WIT. Hitungan itu adalah hitungan internasional," ungkap Andi di Terminal Bandara Mozes Kilangin, Kamis (26/11/2020).

Layanan penerbangan di UPBU Mozes Kilangin belum normal, akan tetapi layanan terus mengalami peningkatan di setiap bulannya. Saat ini pun telah ada informasi dari Ailines bahwa jelang Desember akan ada banyak pesawat yang beroperasi setiap hari. Slotnya setiap hari dengan jadwal 2 dan 3 kali sehari sesuai permintaan cargo, kecuali hari Minggu.

"Makanya untuk layanan di apronnya kita akan koordinasikan bersama pihak bandara dan di-update ke Pemkab Mimika. Koordinasi yang sudah dilakukan sangat luar biasa antar sisi selatan dan utara. Yang penting koordinasi dan komunikasi terus diperkuat," katanya.

Penerbangan di UPBU Timika untuk layani penerbangan sore hingga malam sangat tergantung operator bandara. Sebab, operator bandara bertugas dari jam 5.30 WIT hingga 16.00 WIT, sehingga jika ada pelayanan di atas jam tersebut maka regulasinya harus di update kembali agar adanya kesepakatan, tetapi jika ada kebutuhan urgen maka Air Nav siap melayani hingga jam berapapun.

Di saat yang sama, Kepala Bandara Mozes Kilangin Timika, Subagyo mengatakan bahwa Deraya Air merupakan angkutan non subsidi, tetapi kehadirannya makin menambah armada pengangkut cargo dari Timika ke beberapa daerah lainnya seperti Wamena, Puncak Jaya dan Jayapura.

“Berarti saat ini sudah ada kurang lebih lima atau enam maskapai,” kata Subagyo.

Diharapkan dengan adanya penambahan armada cargo ini, bisa meng-cover seluruh kebutuhan logistik di seluruh Papua khususnya di Mimika dan pedalaman. Apalagi saat ini berkaitan dengan pandemi, tentunya untuk pasokan logistik Bama tidak mengalami kendala.

Cargo yang biasa diangkut dominan berupa sembako. Sedangkan untuk barang-barang khusus seperti minuman beralkohol, sampai saat ini belum diperbolehkan.

"Kalau tidak salah, Deraya Air ini bekerjasama dengan Bulog. Adanya Deraya Air ini tidak termasuk dalam program pengembangan tol udara, karena sampai saat ini belum dipastikan, hanya saja yang jelas saat ini Deraya melayani cargo termasuk pasokan beras dari Bulog. Umumnya tiap maskapai yang beroperasi di Timika melayani rute Timika ke Wamena dan ke Jayapura," ujarnya.

Dijelaskan, penambahan armada ke depannya tergantung pada kapasitas apron dan ketersediaan operator. Untuk saat ini melihat kondisi apron masih bisa menampung lebih dari satu maskapai.

Sedangkan Kasi Operasi Keamanan UPBU Mozes Kilangin, Anthon Pasoro mengatakan kapasitas apron masih mencukupi. Namun, hanya pembagian waktu terkait dengan jam masuk bagi setiap armada.

"Intinya apron kita masih bisa mengakomodir beberapa maskapai lagi tergantung ukuran pesawatnya," kata Anthon.

Saat ini juga pihaknya sementara mendesain tata letak atau posisi pesawat untuk lima unit kategori Boeing dan 12 unit kategori Caravan, Pilatus dan Tinoter. Lantaran posisi yang sekarang masih fleksibel apron, dimana setiap pesawat masih bisa diparkir di mana saja sesuai arahan petugas parkir.

“Ketika  nanti telah didesain tata letaknya maka parkirnya akan diatur sesuai dengan lahannya,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus