Nama-Nama Calon Sekda Mimika Beredar, Dewan Minta Harus Sesuai Mekanisme

Bagikan Bagikan
Link yang beredar di masyarakat Mimika (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Link pollingkita.com khusus poling nama-nama peserta seleksi calon Sekda Definitif Pemkab Mimika beredar di masyarakat dan menampilkan 20 nama.

Dalam link tersebut dipertanyakan “Menurut anda siapa yang memiliki kompetensi untuk menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika?”.

Adapun 20 nama pejabat yang terdaftar dalam seleksi calon Sekda Definitif yang tercantum pada pollingkita.com tersebut yaitu Petrus Yumte, Yosefin Sampelino, Robert Mayaut, Dwi Cholifah, Limi Mokodompit, Jeni O. Usmany,  Slamet Sutejo,  Marthen T. Malisa, Ida Wahyuni, Hendriette W. Tandiyono, Paskalis Kirwelakubun, Yan S. Purba, Alice Wanma,Yohana Paliling, Paulus Dumais, Michael R. Gomar, Willem Naa, Abraham Kateyau, Paulus Yanengga dan Nikolaus E. Kuahaty.

Hal ini pun mendapatkan tanggapan dari DPRD Mimika, yakni anggota Komisi C, Den Ben Hagabal yang mengharapkan agar 20 nama yang saat ini ada dalam daftar seleksi benar-benar sesuai kriteria untuk menjabat sebagai Sekda Mimika. Den mengaku tidak menguasai soal aturan ASN, akan tetapi, Tim seleksi tentunya harus jeli menunjuk pejabat, dalam hal ini harus yang punyai kepedulian dan kejujuran dalam menjalankan fungsinya. Sebab, untuk jabatan Sekda, seharusnya merupakan figur yang telah beberapa periode menjabat selaku kepala Dinas, usia, pangkat dan syarat lainnya harus benar-benar sesuai.

"Jangan sampai menyalahi aturan dan tidak sesuai syarat yang semestinya. Intinya bukan yang hanya karena sistem kedekatan ataupun hal lainnya yang bukan aturan sebenarnya," kata Den, Senin (9/11/2020).

Selain itu, seleksi calon juga harus transparan dan merupakan pejabat yang memiliki niat baik dalam menjalankan pembangunan sesuai visi dan misi Bupati melalui pembinaan ASN.

Selaku pejabat pembina ASN,  seorang Sekda harus bisa menata tatanan jabatan kepegawaian lingkup Pemkab, sehingga tidak ada lagi polemik dari anak Amungme dan Kamoro lantaran tidak mendapatkan jabatan.

"Secara khusus harus sosok yang punya kepedulian untuk pengembangan SDM Amungme dan Kamoro supaya tidak teriak-teriak lagi. Terbukti saat ini, sudah tidak ada lagi anak Amungme dan Kamoro yang menjabat di lingkungan Pemkab Mimika, tetapi semuanya non job. Seharusnya yang bicarakan soal ini adalah Komisi A, tetapi selaku anak Amungme, kami juga berhak untuk mengingatkan agar tatanan Pemkab Mimika harus lebih baik dengan adanya pejabat-pejabat yang benar-benar berpihak kepada masyarakat dua suku," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Anggota Komisi A, Thobias Maturbongs. Ia mengatakan bahwa dalam daftar seleksi tersebut juga terdapat nama ASN yang statusnya tidak pasti maka seharusnya tidak bisa dimasukan dalam daftar.

"Kalau ada ASN yang bermasalah, terus kenapa masuk dalam daftar seleksi? Itu satu catatan kecil yang mengarah kepada tidak adanya pemenuhan syarat atau ketentuan seleksi," kata Thobias.

Sedangkan Novian Kula yang juga merupakan anggota Komisi A mengingatkan bahwa Timika terlalu banyak masalah, dimana satu masalah belum selesai, sudah muncul satu masalah yang  baru. Hal ini tentunya sangat membutuhkan adanya figur-figur yang baik untuk membina ASN ataupun mendampingi Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan.

Satu yang diharapkan agar anak Amungme dan Kamoro yang menjabat. Namun, sangat disayangkan yang ada dalam daftar seleksi hanya Abraham Kateyau saja yang mewakili.

"Kalau soal seleksi yang sementara berjalan, biarkan saja berjalan sesuai mekanisme. Proses ini juga butuh transparan supaya masyarakat Mimika juga merasa puas. Jangan sampai pelaksanaan seleksinya menimbulkan masalah baru," kata Novian. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus