Pasar Kuliner di Area Pasar Sentral Timika Ditutup Sementara Waktu

Bagikan Bagikan
Kondisi Pasar Kuliner di Pasar Sentral Timika terlihat Sepi (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Pasar Kuliner yang berada di dalam area pasar Sentral Timika yang baru berjalan hampir satu bulan itu ditutup sementara waktu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Michael Gomar mengatakan penutupan Pasar Kuliner sementara waktu karena adanya instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 6 tahun 2020, tentang protokol kesehatan dan larangan kerumunan massa.

"Instruksi Mendagri dikeluarkan dan diberikan kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia. Dalam instruksi tersebut, masyarakat yang ada di dalam kota tidak boleh melakukan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan massa atau membuat kerumunan, dan berdasarkan hasil keputusan pimpinan OPD dan juga Bupati Mimika, bahwa aktivitas atau kegiatan Pasar kuliner di Pasar Sentral untuk sementara waktu ditutup," ungkap Michael saat memberikan sosialisasi kepada para pedagang di area pasar kuliner pada Kamis malam lalu (19/11/2020).

Kepada para pedagang, Michael mengatakan, dengan adanya kondisi saat ini, dirinya belum bisa memastikan kapan pasar kuliner akan dibuka kembali.

Kadisperindag pun memperbolehkan para pedagang kaki lima yang saat ini sedang berjualan di area pasar kuliner bisa kembali berjualan di pinggiran jalan atau di luar lingkungan pasar Sentral.

Dia juga mengaku dengan dibukanya pasar kuliner itu terjadi kerumunan, dimana banyak sekali masyarakat yang datang. Menurutnya langkah itu merupakan salah satu alternatif untuk memulihkan roda perekonomian pada para pedagang kaki lima yang selama ini terkena dampak pandemi covid-19.

"Pasar kuliner sebagai pemulihan ekonomi yang mana selama kurun waktu 6 bulan mendukung aktivitas ekonomi, namun karena kondisi saat ini, mau tidak mau harus dilakukan," ujarnya.

Mantan Kepala DPMK Kabupaten Mimika itu mengapresiasi kerjasama yang baik antar para pedagang, namun dirinya meminta maaf atas kebijakan tersebut dan berharap adanya pengertian dari pedagang.

Dalam kesempatan itu ia juga mengimbau para pedagang untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus.

"Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi dan memperbaiki kondisi Pasar agar para pedagang dapat berjualan dengan aman dan gratis," tutupnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus