Pasir Mimika Dikeruk Kian Meluas, Pemkab Diminta Tidak Diam

Bagikan Bagikan
Mertinus Walilo (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Wakil Ketua Komisi C DPRD Mimika, Martinus Walilo mengaku bahwa saat ini pengerukan material pasir di wilayah jalan trans Nabire kian meluas maka Pemkab Mimika diminta tidak tinggal diam.

Pemkab Mimika diminta harus memastikan perizinan serta kontribusinya untuk PAD Mimika. Sebab, jangan sampai kekayaan alam habis dikeruk, tetapi tidak memberikan apa-apa untuk Mimika.

"Informasi yang diterima adalah ada pengusaha-pengusaha yang beli material di titik-titik yang dengan harga murah dan diangkut serta ditampung di tempat khusus di Timika seperti di Mile 32 dan beberapa titik lainnya," ungkap Martinus, Jumat (13/11/2020).

Dijelaskan, meski di Iwaka merupakan wilayah yang sah, akan tetapi perlu diawasi agar tidak meluas. Begitupun untuk yang di kali pindah-pindah. Dengan demikian dinas yang terkait dengan perijinan harus memastikan, sehingga bukan hanya kerugian yang diberikan untuk daerah Mimika. Meski urusan izin pengerukan itu telah dilimpahkan ke Provinsi, akan tetapi harus mempunyai UPTD agar mengawasi semuanya.

Jika hal ini terus dibiarkan, para pengusaha akan terus mengeruk tanpa memikirkan dampak lingkungan dan menghancurkan kehidupan masyarakat setempat.

"Kalaupun kewenangan sudah dialihkan ke Provinsi, tapi mengingat operasionalnya dilakukan di Mimika maka Pemkab Mimika juga harus bertindak. Setidaknya ada berikan sedikit kontribusi mengingat kekayaan alam Mimika yang diambil," katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus