Pemkab Mimika Buka Lahan Sagu 500 Hektare

Bagikan Bagikan
Seminar Akhir penyusunan SID Kanal Sagu dan Lahan Kering (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultural dan Perkebunan akan membuka lahan sagu dengan luas 500 hektare.

Demikian disampaikan dalam presentase akhir penyusunan SID Kanal Sagu dan Lahan Kering yang digelar di Bappeda Mimika, Senin (9/11/2020).

Lahan sagu dengan luas 500 hektare itu akan  dibuka di Kampung Miyoko, Mimika Tengah. Estimasi anggaran Biaya oleh konsultan juga disebutkan yakni Pembukaan Lahan Kering (Kopi) dan Pembukaan Kanal Sagu diperkirakan menelan biaya sebesar Rp 130 miliar.

"Ini sudah kali kedua kita laksanakan seminar untuk mendapatkan masukan dari stakeholder terkait, termasuk dari masyarakat kampung," ungkap Kepala Distambun Kabupaten Mimika, Alice  Wanma ketika ditanya wartawan.

Dikatakan, lahan sagu itu sudah ada, karena memang lahan tersebut merupakan lahan sagu, hanya tinggal ditata sehingga ada jalan untuk produksinya.

"Rencana kita lahan sagu itu juga akan ditanami tanaman lainnya, karena ke depan itu dimanfaatkan sebagai tempat wisata," ujarnya.

Selain 500 hektare yang dipersiapkan untuk lahan sagu, Distambun juga siapkan lahan 100 hektare untuk kebun kopi yang baru akan dibuka lahannya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar