Pengurusan Passport di Imigrasi Timika Menurun Drastis Selama Pandemi Covid-19

Bagikan Bagikan
Moch Dede Sulaiman (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Pengurusan passport masyarakat Mimika yang hendak ke luar negeri mengalami penurunan selama pandemi covid-19.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Timika, Jesaja Samuel Enock melalui Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Moch Dede Sulaiman mengatakan bahwa jika sebelum pandemi covid-19, jumlah pengurus passport biasanya mencapai 15 hingga 30 passport perhari, akan tetapi sejak pandemi menurun drastis menjadi 10, bahkan satu orang saja perharinya.

"Contohnya hari ini hanya ada dua atau tiga orang saja yang urus passport. Pokoknya turun drastis semenjak adanya covid-19," katanya, Selasa (17/11/2020).

Pasaport biasanya berlaku selama lima tahun. Informasi terbarunya saat ini kantor Imigrasi Mimika telah melayani pembuatan e-passport, dimana meski bemtuknya sama, tetapi untuk e-passport mempunyai chipnya guna menyimpan data biometrik maupun sidik jari.

"Berarti yang sudah mempunyai pasport biasa bisa dialihkan ke e-passport. Intinya sama saja, tapi hanya peralihan saja," jelasnya.

Pengurusan passport biasanya hanya sebagai persiapan bagi yang melaksanakan umroh dan melanjutkan studi ke luar negeri. Namun, ada juga warga yang bersiap-siap untuk melakukan perjalanan ke negara-negara tertentu.

Pengaruh covid-19 tentunya sangat besar bagi negara manapun, dalam hal ini di luar negeri pun masih tidak menerima warga luar termasuk dari Indonesia.

"Kita lihat untuk info umroh  sempat dibuka beberapa hari saja, tetapi begitu kita cek lagi ternyata sudah ditutup kembali," ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus