Polres dan Kejaksaan Mimika Segera Cek Serapan Anggaran Penanganan Covid-19

Bagikan Bagikan
Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya (kiri) dan  AKBP I Gusti G Era Adhinata (kanan) (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Reskrim Polres dan Kejaksaan Mimika segera mengecek serapan anggaran penanganan covid-19 di Kabupaten Mimika.

Hal ini disampaikan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti G Era Adhinata. Sebab, hingga saat ini anggaran covid-19 ini merupakan salah satu yang sangat disayangkan oleh Presiden Jokowi lantaran belum banyak anggaran yang terserap.

"Kita juga berharap agar anggaran covid-19 yang untuk kepentingan orang banyak itu secepatnya terserap agar tidak terjadi kelebihan anggaran yang dikelola Satgas," ungkap Kapolres saat ditemui di Kwamki Narama, Jumat (20/11/2020).

Dijelaskan bahwa khusus keamanan, anggaran yang diajukan untuk penanganan selama 6 bulan sebanyak kurang lebih Rp 3 miliar yang diperuntukkan untuk persediaan makan dan minum, obat dan APD bagi semua anggota.

"Memang anggaran itu tergolong minim, tapi bagaimana pun kami tetap jalankan tugas kami, karena TNI dan Polri harus menjadi garda terdepan dalam kondisi apapun," jelasnya.

Hingga saat ini pun TNI dan Polri masih termasuk dalam Satgas penanganan covid-19, sehingga dalam waktu dekat akan berkoordinasi bersama Satgas Pemkab Mimika agar lebih bersinergi serta memilah setiap kegiatan masyarakat yang diizinkan dan yang tidak diizinkan.

Menurut dia, TNI dan Polri tidak bisa berdiri sendiri untuk memberikan pemahaman terkait pencegahan covid-19, karena cara dari apa yang disampaikan oleh TNI dan Polri berbeda dengan apa yang disampaikan oleh tokoh-tokoh masyarakat. Dalam hal ini, khusus masyarakat lokal harus disampaikan melalui tokoh-tokohnya sendiri.

"Kita perlu bersyukur, karena sampai saat ini masyarakat asli kita yang Papua, jarang ada yang terinfeksi covid-19. Itu karena adanya ketaatan dan kerja sama dalam memberikan pahaman terhadap sesama. Namun  diharapkan agar tetap menggunakan masker dan jaga jarak," katanya.

Berdasarkan instruksi Presiden RI, jajaran TNI dan Polri berharap agar  tokoh masyarakat, agama, adat serta seluruh  lapisan masyarakat di wilayah hukum Polres Mimika agar menghindari kegiatan yang bersifat berkerumun tanpa sesuai protokol covid-19.

Langkah dari TNI dan Polri adalah memberikan imbauan yang dilanjutkan dengan tindakan tegas. Namun, kita juga tidak bisa mencegah kegiatan yang sifatnya positif seperti acara bakar batu dan patah pana, karena hal itu dilakukan guna mencegah konflik horizontal akibat perang suku yang tentunya bisa menyebar luas.

"Salah satu contohnya hari ini ada kegiatan peresmian gereja di Kwamki Narama yang kami kawal bisa berjalan aman dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Yang rencananya dihadiri oleh ribuan jemaat, tapi terbukti berkurang. Itu sangat kami apresiasi dan berterimakasih kepada panitianya,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya. Menurut dia, untuk protokol covid-19 disesuaikan dengan instruksi dari pimpinan tertinggi yakni Presiden RI, baik TNI AD ataupun Kepolisian.

Dalam hal ini setiap kegiatan tetap dijalankan, akan tetapi diimbau agar tetap menjalani protokol kesehatan. Sebab, dimana-mana se-Indonesia diketahui bahwa temuan kasus positif covid-19 tetap ada.

"Kalau ada yang bilang covid-19 sudah tidak ada, itu salah, karena nyatanya masih banyak laporan terkait kasus covid-19. Makanya protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan," kata Dandim.

Di luar menjalani tugas Satgas covid-19, TNI dan Polri juga mengajak kepada masyarakat agar menjadi motor penggerak pelaksanaan protokol kesehatan.

"Kami juga merekrut beberapa masyarakat di beberapa wilayah untuk ikut bersama kami mengajak masyarakat yang lain guna melaksanakan protokol kesehatan. Sebab kita tidak tahu kapan covid-19 ini selesai," ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus