Ratusan Lapak di Pasar SP2 Mimika Ditertibkan, Sempat Terjadi Keributan

Bagikan Bagikan
Pembongkaran lapak untuk penataan pasar SP2 Mimika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Guna penataan pasar, kurang lebih 150 lapak di pasar SP2 ditertibkan oleh tim gabungan Disperindag Mimika, Pol-PP, TNI dan Polri.

Kepala Disperindag Mimika, Michael Gomar mengatakan bahwa penataan pasar SP2 ini telah didahului dengan sosialisasi kepada seluruh pedagang termasuk Mama-Mama Papua yang berjualan di pinggir jalan. Penataan ini juga sesuai harapan Mama-Mama Papua agar mereka bisa masuk dan berjualan di bangunan pasar yang telah disediakan pemerintah.

"Lapak-lapak yang kami tertibkan sesuai dengan yang kami data di minggu lalu. Sosialisasi juga telah kami lakukan kepada para pedagang," ungkap Michael di pasar SP2, Selasa (10/11/2020).

Pantauan Salam Papua, seperti biasanya pembongkaran lapak-lapak ini sempat menuai keributan dari sebagian pedagang yang merasa tidak setuju atas pembongkaran yang dilakukan. Namun melalui komunikasi secara persuasif dan pendekatan humanis, akhirnya semua pedagang menerima. Selanjutnya, para pedagang mengharapkan agar pemerintah menyiapkan lokasi sementara agar para pedagang tetap bisa melakukan aktivitas berjualan.

"Tidak apa-apa. Yang namanya penataan pasar pasti ada pro dan kontra antar pedagang, karena ada yang menerima dan ada juga yang tidak terima. Kami dari Disperindag harus melakukan penataan sesuai arahan Bupati," katanya.

Dijelaskan, untuk pedagang yang selama ini ada dalam kawasan pasar SP2 tidak ingin lagi keluar, sehingga usai penataan maka para pedagang itulah yang akan menempatinya.

"Intinya para pedagang tidak dipindahkan apalagi diusir dari pasar SP2, tetapi kalau penataan sudah selesai maka para pedagang akan dibagikan los untuk bangun lapak sementara supaya mereka tetap berjualan di pasar SP2. Para pedagang juga bersedia untuk lapak sementara sesuai ukuran tempat yang nanti Disperindag tentukan supaya tidak menutupi lapak Mama-Mama Papua yang sudah dibangun serta lokasi parkiran," jelasnya.

Disperindag juga belum bisa memastikan adanya pembangunan gedung yang seperti di pasar sentral, akan tetapi tetap diusulkan di anggara tahun 2021. Namun, yang paling utama adalah harus melihat kembali status kepemilikan lahan pasar SP2.

Pengelolaan pasar SP2 juga tetap dalam pengawasan Disperindag, sehingga semua pedagang yang melakukan transaksi penjualan di dalam pasar tetap terdata dengan baik agar lebih akurat. Hal ini bertujuan, agar pembangunan pasar di tahun 2021 ataupun tahun berikutnya bisa disesuaikan dengan data yang ada dan akurat.

"Untuk retribusi di pasar SP2 sama sekali belum dilakukan penarikan. Pembangunannya juga diharapkan agar dilakukan secara swadaya, khususnya bagi pedagang yang bukan OAP," katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus