Soal Polemik SK Mutasi, BKPSDM Mimika Telah Bekerja Sesuai Petunjuk Bupati

Bagikan Bagikan
Pertemuan BKPSDM bersama Komisi A DPRD Mimika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) –  SK mutasi atau rolling ASN di lingkup Pemkab Mimika sempat menjadi sorotan beberapa pekan terakhir lantaran adanya dugaan rekayasa, sehingga SK dan penempatan tiap ASN yang telah ditetapkan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE.,MH berbeda dengan yang dikeluarkan dari BKPSDM.

Mengaku ada yang aneh, Bupati Omaleng perintahkan agar BKPSDM harus jujur menjelaskan semuanya agar tidak menimbulkan permasalahan baru di Mimika.

Menanggapi persoalan ini, Kepala BKPSDM Mimika, Hermalina W  Imbiri,SE.,M.Si mengaku pihaknya bekerja telah sesuai petunjuk.

Kepada Komisi A DPRD Mimika, Hermalina mengatakan bahwa pelantikan dilakukan tanggal 17 Juli lalu, dimana usai membaca nama-nama ASN yang dilantik BKPSDM langsung menyerahkan datanya kepada Bupati. Namun, data tersebut baru dikembalikan ke BKPSDM kurang lebih tiga minggu yang lalu dengan jumlah ASN Yang dimutasi sebanyak 800 orang dengan petikan perorangan.

Untuk ASN yang merupakan Eselon II telah dibagikan termasuk para Kepala Distrik, karena mereka merupakan pengguna anggaran. Sebab, usai pelantikan proses SK bagi pejabat pengguna anggaran memang dipercepat termasuk yang eselon III di bagian Kesekretariatan Dewan (Sekwan).

"Intinya setelah kami bacakan saat pelantikan, berkasnya langsung diserahkan ke Bupati supaya Bupati periksa apakah itu sudah sesuai atau belum. Jadi kami bekerja sesuai petunjuk," katanya.

Iapun mengaku bahwa sebagian besar SK tersebut masih ada di BKPSDM dan akan diserahkan pertahap mengingat tidak mungkin Bupati bisa menandatangani semuanya secara bersamaan.

Demikian juga untuk persoalan jabatan ASN BKPSDM tetap mengikuti ketentuan Bupati dan sebelum SK diterbitkan tetap melalui pemeriksaan oleh Bupati selaku PPK.

“Bupati yang mengambil dan memeriksa apa yang sudah kami kerjakan, sehingga selanjutnya Bupati menandatangani SK,” ungkapnya.

Sebelum membuka pertemuan bersama BKPSDM, Kamis (5/11/2020), Ketua Komisi A DPRD Mimika, Daud Bunga menyampaikan bahwa atas polemik mutasi ASN ini, Komisi A menjadi tempat mengadu bagi ASN yang merasa tidak puas. Dengan demikian, menyusul adanya pengakuan aneh dari Bupati maka Komisi A mau mendengarkan secara langsung apa yang menyebabkan kendala di BKPSDM.

“Kami lakukan kunker ini bukan untuk mencari siapa yang salah, apalagi mau mengintervensi. Sebagai Komisi yang bermitra dengan BKPSDM serta atas keluhan ASN maka kami menjembatani saja supaya ada titik terang dan tidak ada lagi masalah untuk persoalan SK ini,” kata Daud.

Hal yang sama pun disampaikan oleh beberapa anggota Komisi A. Dimana, H. Iwan Anwar menyampaikan bahwa Komisi A meminta keterangan dari BKPSDM yang sifatnya koordinasi selaku mitra mengingat DPRD juga merupakan tempat bagi masyarakat untuk bertanya atau menyampaikan aspirasi akan semua persoalan termasuk persoalan SK mutasi ASN.

Komisi A ingin mendapatkan keterangan langsung dari BKPSDM supaya bisa memahami kondisi yang sebenarnya terjadi, sehingga bisa menjelaskannya kembali ke masyarakat.

"Yang kita harapkan agar rolling atau pemindahan ASN dari satu tempat ke tempat yang lainnya harus tetap sesuai regulasinya. Sebab, apapun yang kita lakukan dan keluar dari regulasinya maka ujung atau hasilnya pun akan tidak bagus," kata Iwan.

Hal ini tentunya harus dilakukan mengingat salah satu visi dan misi Bupati adalah memperbaiki sistem birokrasi yang ada.

Iwan juga mengaku bahwa jika disesuaikan dengan yang dikeluhkan saat ini, SK mutasi yang dikeluarkan mempunyai banyak kejanggalan. Dalam hal ini, ada yang nama ASN dan  penempatannya tidak sesuai dengan yang dibacakan saat rolling. Demikian pun kejanggalan lainnya dan itu tentunya menjadi bahan perbaikan bagi BKPSDM.

"Kami dari Komisi A sifatnya hanya memberikan masukan dan menjalani fungsi kontrol DPRD. Berharap ke depannya hal ini tidak terjadi agar semuanya bisa berjalan dengan baik," ungkapnya.

Sedangkan Yustina Timang mengatakan, Komisi A sebagai mitra tidak ingin salah persepsi ketika warga ataupun ASN yang mengadu. Komisi A tetap pada fungsinya sebagai penengah, sehingga perlu mendengarkan langsung apa persoalan yang dihadapi BKPSDM terkait SK mutasi.

"Intinya kami di Komisi A nantinya menyampaikan apa yang sudah BKPSDM sampaikan,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  2. QQHarian merupakan Website Best Betting Online Indonesia Terlengkap, Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan Memberikan Promo Terbaru nya Ke semua member ( Baik Member Baru Maupun Member Setia QQHarian ) Untuk Game SPORTSBOOK ialah EVENT PESTA GOAL BONUS CUMA - CUMA IDR. 1.000.000,- Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 =

    🏹 ( Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI ) :)
    🏹 www.biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian )
    🏹 https://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )

    BalasHapus