WNA Ukraina Dikabarkan Meninggal Dunia di Timika, Info Sementara Lantaran Sesak Nafas

Bagikan Bagikan
Moch Dede Sulaiman (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Salah seorang warga negara asing (WNA) asal negara Ukraina bernama Volodymyr Padenko dikabarkan meninggal dunia di RSUD Mimika tanggal 15 November 2020.

Meninggalnya WNA ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat Mimika akan adanya penyebaran covid-19. Namun, Kepala Kantor Imigrasi Timika, Jesaja Samuel Enock melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi Komunikasi Keimigrasian, Imigrasi Mimika, Moch Dede Sulaiman mengatakan bahwa Imigrasi tidak bisa memastikan bahwa WNA terkait meninggal dunia lantaran covid-19 ataupun tidak, karena hal tersebut merupakan kewenangan dari Satuan Tugas Penanganan covid-19 Mimika.

“Kami tidak punya kapasitas atau kewenangan untuk memastikan bahwa WNA ini meninggal karena covid-19 ataupun bukan karena covid-19. Itu bagusnya ditanyakan ke Satuan Tugas covid-19 saja, karena kami juga belum mendapatkan surat pasti apakah WNA terkait negatif atau positif,” katanya di Kantor Imigrasi, Selasa (17/11/2020).

Dede mengatakan informasi sementara yang diterima adalah lantaran sesak nafas. Pekerjaannya sebagai engineer atau mekanik heli di PT Pura Wisata Baruna. Berdasarkan ijin tinggal di Indonesia mulai tanggal 14 Agustus tahun 2020, akan tetapi belum diperoleh informasi jelas terkait kapan mulai datang ke Mimika dan yang jelas alamat tinggalnya di Hotel Grand Mozza jalan Cendrawasih jalur SP2. Informasi terakhir pun menunjukan bahwa jenazah WNA ini masih berada di RSUD.

Dijelaskan, sampai saat ini juga belum ada pemberitahuan dari kantor kedutaan di Jakarta, akan tetapi WNA  yang meninggal dunia di Mimika bukan merupakan yang pertama, karena sebelumnya  juga telah ada beberapa WNA lainnya. Selama belum ada kepastian dari Satgas covid-19 terkait psoitif maka bisa saja jenazahnya dipulangkan ke negara asalnya atau akan dikuburkan di Indonesia berdasarkan kesepakatan keluarganya.

"Selama ada yang fasilitasi untuk dipulangkan, berarti akan dipulangkan, tetapi mengingat ini sementara pandemi covid-19, maka Satgas covid-19 yang memutuskan. Sekarang kami sementara menunggu keterangan dari Satgas covid-19," katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus