Bawaslu Gandeng Politeknik Amamapare, Kepala Kesbangpol: Langkah Maju bagi Pendewasaan Berpolitik di Mimika

Bagikan Bagikan
Direktur Politeknik Amamapare, Herman Dumatubun (kiri) saling menyerahkan MoU yang telah ditandatangai dengan Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Janampa (kanan), disaksikan oleh Kepala Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba (tengah) (Dok:SAPA) 

SAPA (TIMIKA) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mimika menggandeng Politeknik Amamapare Timika melalui penandatanganan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kampus 1 Politeknik Amampare Timika, Jl C. Heatubun Kwamki Baru Mimika, pada Rabu (2/12/2020).

Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Janampa dalam kata sambutannya mengatakan, kerjasama tersebut merujuk pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, di mana Bawaslu dapat melibatkan masyarakat untuk melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih.

“Kerjasama ini merujuk pada UU Nomor 7 Tahun 2017, bahwa Bawaslu melibatkan masyarakat dalam hal ini Perguruan Tinggi di Timika yang hari ini dilakukan dengan Politeknik Amamapare demi melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih di Mimika,” kata Yonas.

Dijelaskan, ruang lingkup kerjasama tersebut adalah melalui pelaksanaan Tri-Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan dalam pendidikan politik kepada mahasiswa, serta kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengkaji dan meningkatkan kesadaran berpolitik yang baik bagi masyarakat di Mimika.

“Ruang lingkupnya adalah melalui pelaksanaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk peningkatan kesadaran berpolitik masyarakat Mimika. Kerjasama ini berlaku selama 5 tahun sejak ditandatanganinya MoU pada hari ini,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Amamapare Timika, Herman Dumatubun menyambut baik dan berterima kasih kepada Bawaslu Mimika yang mau bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yang dipimpinnya tersebut untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Mimika pada waktu-waktu mendatang.

Herman pun berharap kerjasama tersebut dapat terjalin terus menerus yang diwujudkan dalam program-program konkrit antara Bawaslu dengan satu-satunya Perguruan Tinggi Vokasi yang ada di Mimika tersebut, baik dengan melibatkan dosen maupun mahasiswa.

“Kita berharap nanti setelah ini, apa yang menjadi kesepakatan kita bersama dapat terjalin terus untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilu mendatang di Kabupaten Mimika, sesuai Tupoksinya masing-masing,” ujar Herman.

Herman juga berterima kasih atas kedatangan dari pihak Pemerintah Kabupaten Mimika yang diwakili oleh Kesbangpol ke Politeknik Amamapare Timika, yang menurut dia, hal itu baru pertama kali terjadi sejak kampus tersebut didirikan sejak tahun 2002.

“Terima kasih juga kepada Pemkab Mimika melalui Kesbangpol yang boleh datang dan melihat kampus kami. Percaya atau tidak, ini merupakan pertama kalinya secara resmi pihak Pemkab Mimika mengunjungi kampus Politeknik Amamapare yang sudah 18 tahun di Timika,” ungkapnya sambil disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Mewakili Pemkab Mimika yang turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba mengungkapkan ucapan selamatnya atas terlaksananya penandatanganan MoU antara Bawaslu Mimika dengan Politeknik Amamapare Timika.

Yan mengatakan, ke depan untuk setiap program yang akan dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut agar dapat diinformasikan kepada Kesbangpol Mimika sehingga dapat terjalin kolaborasi untuk pelaksanaan pendidikan politik dan pendewasaan berpolitik bagi masyarakat Mimika.

“Selamat bermitra. Tapi jangan hanya sampai di tanda tangan, terus tidak ada tindak lanjutnya. Dalam hal ini, setiap program-program sebagai implementasi dari MoU ini dapat diinformasikan kepada Kesbangpol agar pihak Kebangpol dapat juga berkolaborasi dalam mendukung pelaksanaan pendidikan politik di Mimika,” ungkap Yan.

Menurut Yan, terjalinnya kerjasama Bawaslu dengan Perguruan Tinggi di Timika ini merupakan sebuah langkah maju. Sebab Perguruan Tinggi itu tempat segala sesuatu diuji coba secara teoritis sehingga akhirnya dapat diaplikasikan dengan baik.

Dia pun berharap, Politeknik Amamapare Timika dapat memberikan pencerahan-pencerahan ataupun masukan-masukan kepada Bawaslu sebagai pengawas Pemilu khususnya di Kabupaten Mimika.

“Kami dari Kesbangpol senang dan menganggap ini sebagai langkah maju, sehingga Bawaslu dapat bermitra dengan Perguruan Tinggi. Kita semua berkeinginan bahwa politik itu semakin lama semakin dewasa. Untuk mendewasakan ini, maka kerjasama ini sebagai salah satu upayanya. Mudah-mudahan di waktu mendatang, pada saat Pilkada atau Pileg, dengan MoU ini anggota masyarakat kita semakin bagus pemahaman tentang bagaimana posisinya sebagai pemilih. Baik pemerintah, masyarakat dan penyelenggara Pemilu dewasa dalam berpolitik,” ujarnya. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus