Bawaslu MoU dengan Universitas Timika Berikan Edukasi Politik Bagi Masyarakat

Bagikan Bagikan
Foto Bersama Bawaslu Mimika dengan Universitas Timika dalam Penandatanganan Memorandum of Understanding (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat luas tentang Pemilu yang berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika bekerja sama dengan Universitas Timika (Untim) melalui  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) selama 5 tahun.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kampus Universitas Timika, jalan Heatubun, Kelurahan Kwamki Baru Mimika, Kamis (3/12/2020).

Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Janampa mengatakan MoU ini untuk meningkatkan demokrasi pemilih yang baik dan juga pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang mana Bawaslu dapat melibatkan masyarakat untuk melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih.

"Kerjasama ini kami melibatkan mahasiswa sebagai kepanjangan tangan dari Bawaslu untuk menyampaikan dan juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Mahasiswa juga dapat bertindak sebagai pengawas dalam penyelenggaraan Pemilu, karena mahasiswa atau akademisi dipercaya netral dalam segala hal," terang Janampa saat ditanya wartawan.

Dengan keterlibatan mahasiswa dalam memberikan edukasi politik dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas,  untuk menghadapi Pemilu yang akan datang.

"Bawaslu tidak bisa menjangkau masyarakat secara keseluruhan, dan dengan adanya kerjasama ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Pemilu yang baik," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Timika, Theresia Yunie Puspita,S.Psi,MM mengatakan bahwa kerjasama antara Untim dan Bawaslu ini tentunya sangat membantu terealisasinya Tri Dharma Perguruan Tinggi di Untim, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat dalam pengawasan Pemilu yang ditandai dengan adanya partisipasi kampus seperti Dosen dan Mahasiswa dalam agenda pengawas Pemilu yang baik.

"Dengan begitu mahasiswa dapat berperan serta dalam proses pengawasan Pemilu yang teraktualisasi dalam riset (penelitian), diskusi kelas dan program pemberdayaan masyarakat, dan juga dapat mewujudkan aktualisasi aktif dosen dalam melakukan peningkatan ilmu  pengetahuan berupa riset, diseminasi ide atau gagasan kelas, serta pengabdian masyarakat dalam hal agenda pengawasan Pemilu," kata Theresia.

Sambungnya, dengan adanya kerja sama ini, dapat menambah kompetensi mahasiswa, sehingga ke depan bisa memberi kontribusi besar kepada masyarakat di Kabupaten Mimika terkait Pemilu.  (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus