Bupati Mimika Positif Covid-19, Masyarakat Diminta Jangan Anggap Remeh

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE.,MH (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Meski saat ini telah melewati masa kritis, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE.,MH mengaku dirinya positif covid-19 hingga diisolasi belasan hari.

Bupati Omaleng mengaku tidak tahu terpapar dari kluster mana, akan tetapi setelah merasa ada gejala maka langsung di Swab dan hasilnya positif. Gejala awal yang dirasakan sama seperti gejala malaria yaitu badan terasa panas dingin dan demam. Namun, setelah dokter cek darah, hasilnya negatif malaria, sehingga selanjutnya melakukan tes di RS Trikora, akan tetapi tidak terdeteksi malaria. Selanjutnya, daya tahan tubuh makin menurun, mulut terasa pahit dan hambar hingga tidak merasakan pedasnya sambal serta nafsu makan berkurang.

“Saya di Swab dan dinyatakan positif sehingga saya diisolasi. Saya sempat dibawa ke RSUD (Mimika), tapi tidak bermalam, karena pukul 00.00 WIT saya pulang ke rumah, karena saya lihat di RSUD itu tidak ada obatnya, tapi hanya untuk pasang oksigen dan diberikan vitamin saja. Memang untuk nafas dan penciuman saya tetap normal, tapi badan panas dingin, badan melemah dan tidak ada nafsu makan,” ungkapnya, Kamis (31/12/2020).

Dia menuturkan, hingga saat ini adalah hari ke 37 dan masih kategori positif, tetapi tidak lagi bisa terkontaminasi ke orang lain lantaran telah lewat 10 hari masa inkubasi. Yang ditakutkan adalah terkontaminasi dari orang lain, sehingga harus tetap menjalani protokol kesehatan. Beberapa hari terakhir dan ke depannya masih harus dirawat secara berulang hingga akhirnya dinyatakan sembuh total.

“Saya terkonfirmasi positif covid-19 sejak awal Desember. Saya heran sudah ada di RSUD, karena melihat banyak sekali perlengkapan penanganan khusus,” ungkapnya.

Dia menuturkan sempat ingin kabur, tetapi pihak RSUD mencegat setelah mengetahui gelagatnya melalui cctv. Namun, setelah meminta izin, Direktur RSUD izinkan untuk pulang dan diisolasi di rumah, tapi tetap dalam pantauan tim medis termasuk botol oksigen diperkirakan 30 botol yang kemudian tidak digunakan.

“Saya rasa jenuh, makanya sempat pikir mau kabur. Mobil sudah siap di luar, tapi ternyata perawat di RSUD sudah memonitor gelagat saya dan dicegat,” katanya.

Dijelaskan, salah satu upaya yang dilakukan untuk pemulihan  adalah mandi uap air panas yang direndam rempah-rempah seperti daun pepaya, serai, dan yang lainnya.

“Saya mandi ukup seluruh badan dan ditutup kain tebal berlapis-lapis. Setelah itu keringat keluar, sakit kepala berkurang dan badan terasa ringan,” jelasnya.

Karena hal itu, dia pun mengingatkan agar masyarakat Mimika jangan pernah menganggap remeh terhadap covid-19. Masyarakat harus berani melakukan tes Swab meski tanpa gejala agar mengantisipasi sejak dini.

Selain itu, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan menerapkan 3M. Sebab, covid-19 bukan sesuatu hal yang diremehkan. Pengalamannya, saat terkonfirmasi positif, semua harta kekayaan yang dimiliki menjadi tidak bernilai. Keluarga pun, tidak lagi bisa didekati lantaran harus menjaga jarak.

“Jangan takut untuk tes Swab, daripada seperti saya. Ternyata sangat tidak bagus kalau kita terpapar. Saya rasakan sendiri, saat itu keluarga saya tidak ada satupun yang boleh datang melihat. Itu berarti kalau seandainya mati maka kita dikuburkan tanpa ada keluarga yang hadir. Makanya harus mengantisipasi semuanya,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online dan sportsbook yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  2. Pendudukan: Harta Tanah / perhotelan
    kedudukan: Pengarah Urusan
    Nama: Najwa Mohammed
    Bandar: Miri
    Pinjaman saya mendapat: Rm 1.5 juta
    kadar faedah: 1%
    E-mel saya: najwamohammed369@gmail.com
    Halo, saya mengucapkan terima kasih kepada allah almight untuk kebaikan dan keberkasaan yang saya dapatkan dari AASIMAHA ADILA LOAN FIRM tahun ini 2020, saya ingin kita medium ini membiarkan muslim saya di malaysia, Tahun lepas saya telah memohon pinjaman banyak kali dan saya bodoh , Tahun ini ketika saya sedang menonton berita perniagaan saya di Aljazeera, saya melihat nama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM pada wawancara menerangkan pakej mereka dan bagaimana mereka memberi pinjaman dan dana amal kepada mereka yang ingin memulakan perniagaan tahun ini. Oleh itu, saya mendengar dan menghubungi mereka dengan kenalan mereka di televisyen, saya memohon Rm 1.5 juta, pada kadar 1% dan pinjaman saya telah diluluskan dan saya mendapat pinjaman secepat mungkin. Saya mendapat pinjaman saya dan melabur lebih jauh ke hartanah suami saya. suami saya dari indonesia, banjir yang terjejas rumah keluarga kami di jakarta, sejak kami mendapat pinjaman, kami telah memperbaiki banyak hal dan membayar hutang bank juga.Jika anda ingin perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, anda bebas memohon sekarang dan dapatkan pinjaman anda .Mengingatkan diri anda untuk menjadi kuat dan tidak pernah berputus asa. Semakin banyak anda jatuh, semakin kuat anda menjadi bangun. Jangan pernah menyerah tidak kira apa. Buat janji kepada impian anda seolah-olah anda berjanji kepada anak anda. Saya berharap anda lebih besar tahun. Mungkin allah memberkati mereka allah

    MOHON SEKARANG
    E-mail****aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus