Desember Bulan Penuh Kasih, TNI-Polri Gelar Bakar Batu Bersama Masyarakat di Mimika

Bagikan Bagikan

Acara Bakar Batu yang digelar TNI dan Polri
bersama masyarakat (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - TNI 174/ATW Merauke dan Polri menggelar bakar batu bersama masyarakat Mimika, Rabu (2/12/2020).

Danrem 174/ATW Merauke, Brigjen TNI Bangun Nawoko menjelaskan bahwa bakar batu ini dilaksanakan sekaligus membuka bulan penuh kasih yaitu Desember tahun 2020. Harapannya, dengan dibukanya bulan penuh kasih ini maka sebulan penuh ke depan dan di bulan-bulan berikutnya di tahun 2021 tidak ada lagi pertikaian dan kekerasan, akan tetapi semuanya saling mengasihi, menyayangi, berbagi dan peduli satu dengan yang lainnya.

"Sekarang kita sudah masuk bulan penuh kasih, sehingga kita laksanakan syukuran dengan bakar batu. Diharapkan selama bulan penuh kasih ini dan ke depannya tidak ada lagi pertikaian antar sesama. Kita tidak boleh saling berbeda, baik antar suku ataupun golongan. Jadi kita sesama manusia, di Papua ini harus saling mencintai, mengasihi dan melindungi," ungkap Brigjen Bangun usai acara bakar batu di lahan Kogabwilhan III SP5, tepatnya di eks kantor Bupati Mimika, Rabu (2/12/2020).

Dengan mengusung tema "Bersama Kita Kuat dalam Iman dan Pengharapan Kasih" menurut dia, bakar batu ini sebetulnya bukan hanya dilaksanakan oleh TNI, tetapi merupakan gabungan bersama Polri.

Untuk menjaga keamanan, tentunya tidak akan terjalin jika hanya dilakukan TNI dan Polri, akan tetapi sangat diperlukan keterlibatan seluruh lapisan masyarakat.

"Kita merasa bersyukur karena didukung oleh rekan kepolisian, tokoh adat, agama maupun tokoh masyarakat di Mimika. Makanya acara bakar batu ini cukup kondusif dan aman," tuturnya.

Pantauan Salam Papua, masyarakat perwakilan suku Amungme, Kamoro dan suku kekerabatan lainnya di Mimika sangat antusias mengikuti bakar batu ini. Usai acara bakar batu dan makan bersama, acara juga dilanjutkan dengan menari Seka bersama.

Timotus Samin selaku kepala suku umum suku Kamoro mengaku sangat berterimakasih dan bangga dengan kegiatan bakar batu bersama yang digelar TNI dan Polri.

Awal bulan Desember merupakan masa penantian yang harus dilalui dengan penuh kasih, sehingga apa yang digelar ini telah membuktikan bahwa ada kasih antara TNI, Polri dan masyarakat Mimika.

"Kami mengucapkan terimakasih. Ini salah satu cara untuk mempersatukan manusia dalam menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai asas kepribadian bangsa dan negara. Ini sama saja dengan keyakinan kita sebagai orang beriman, dalam artian kita semua harus sadar bahwa hal-hal yang negatif harus kita hindari," kata Timotius.

Saling mengasihi tentunya bukan hanya sebatas di bulan Desember, tetapi harus diterapkan untuk selamanya guna menuju pembangunan masa depan yang dicita-citakan pemerintah atau negara.

Masyarakat Papua termasuk Mimika, harus menyadari tentang penantian Natal, yang mana Natal ini membawa damai sejahtera untuk manusia.

"Kita sebagai masyarakat harus mendukung Kamtibmas di Mimika. Untuk masyarakat Kamoro selalu mendukung upaya penegakan Kamtibmas oleh TNI dan Polri," ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus