Freeport Berkomitmen Terus Mengembangkan dan Memanfaatkan SDM Orang Asli Papua

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI), Claus Wamafma mengatakan, hingga saat ini Freeport memberikan perhatian yang begitu tinggi terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Orang Asli Papua, salah satunya melalui dukungan dana beasiswa yang begitu besar.

“Bicara tentang sumber daya manusia (SDM) di tanah Papua merupakan isu besar, bukan hanya bagi PTFI tapi juga bagi pemerintah daerah (Papua). Ada banyak sekali upaya yang pemerintah dan PTFI lakukan dalam memperkecil GAP SDM di tanah Papua ini,” kata Claus saat hadir pada kegiatan pertemuan antara Corcom PTFI dengan para pemimpin atau perwakilan media massa di Mimika, Jumat (18/12/2020).

Menurut Claus, fokus PTFI dalam pengembangan SDM tersebut adalah melalui pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Kalau bicara pengembangan SDM di Papua, maka kita berbicara tentang infrastruktur, connectivity dan tentang keamanan. Dalam hal ini, PTFI fokus pada 3 hal yakni Pendidikan, kesehatan serta ekonomi, dan PTFI memberi support anggaran yang sangat besar setiap tahunnya. Namun kita (PTFI) tidak bisa bekerja sendiri. Kita butuh teman-teman media, pemerintah, gereja, dan semua stakeholder untuk membantu pengembangan SDM di tanah Papua ini,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, khusus untuk di Kabupaten Mimika, PTFI melalui YPMAK (sebelumnya LPMAK) setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada hampir 1200 orang dari 7 suku di Mimika, dan sudah selama 30 tahun. Terkait dengan hasilnya, sudah banyak yang menjadi pejabat di Pemkab Mimika dan duduk di beberapa posisi penting di lembaga-lembaga adat, salah satunya Direktur YPMAK saat ini.

“Ada daftar namanya di saya. Namun saya tidak bisa sebut satu per satu, tapi intinya hasilnya ada,” ungkapnya.

Dia menegaskan, pengembangan SDM itu hasilnya bukan seperti “cabe”, digigit langsung pedis rasanya. Ijazah itu satu hal, tapi ketika bisa merubah kehidupan dan bisa menjadi berkat buat orang lain, itu jauh lebih penting. Karena ketika pendidikan gagal merubah orang, sebenarnya kita gagal membangun peradaban.

“Jika selesai S1, itu belum sukses. Anak-anak ini, dong pikir S1 itu su sama deng Tuhan. S1 baik dan kita apresiasi, tapi kemudian cara hidup itu jauh lebih penting bagi saya,” tegasnya.

Dijelaskan, melihat Papua saat ini, memiliki keunggulan di Sumbar Daya Alam (SDA). Dan dari situ, akan menemukan titik-titik ekonomi baru, namun di dalamnya sangat membutuhkan dukungan SDM yang sesuai bidang keahliannya.

“Memang satu yang masih kita bergumul sampai saat ini, termasuk saya, adalah kita membutuhkan banyak engeneer (teknisi). Karena tambang ini tidak bisa dikelola oleh Sarjana Hukum atau politisi, harus dikelola oleh insinyur (teknisi),” jelasnya.

Untuk itu dirinya mengaku bahwa PTFI hingga saat ini selalu berkomitmen dalam hal pengembangan SDM Papua khususnya menghasilkan teknisi-teknisi Papua yang sesuai kebutuhan PTFI. Salah satunya dengan dibukanya pelatihan di Nemangkawi Mining Institut.

Dia menambahkan, saat ini karyawan Papua di PTFI berjumlah 41 persen dan di kontraktor yang bernaung di bawah PTFI karyawan Papuanya berjumlah sekitar 15 persen. Ke depan pihaknya berencana untuk terus mengusahakan penambahan karyawan asli Papua.

“Kami komit iya, sampai saat ini. Untuk itu kami (PTFI) membuka kesempatan lewat pelatihan di Nemangkawi Mining Institut, itu khusus untuk yang berhubungan dengan penambangan. Dan di situ hampir 100 persen adalah penduduk asli (Papua). Sehingga dari situ, ada peningkatan karyawan Papua di PTFI. Saat ini karyawan Papua di PTFI ada 41 persen. Di kontraktor angkanya masih kecil yakni sekitar 15 sampai 18 persen. Namun kita punya rencana supaya kontraktor yang bekerja di Freeport nanti, karyawan Papuanya bisa naik. Caranya bagaimana? Kita harus latih,” tutupnya. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus