Gedung Perpustakaan Daerah Mimika Masih Bermasalah Kepemilikan Lahan

Bagikan Bagikan
Kondisi Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Mimika saat ini (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika, Jacob Toisuta mengungkapkan, hingga kini gedung perpustakaan dan arsip daerah Mimika yang berlokasi di Timika Indah itu belum juga digunakan lantaran lahan tersebut masih bermasalah.

Jocob mengatakan, Dinas Perpustakaan sendiri telah merencanakan untuk merenovasi gedung tersebut, namun gedung biru yang dibangun sejak 2013 itu masih bermasalah status kepemilikan lahan.

Tak kunjung diselesaikan, saat ini Dinas Perpustakaan menyewa gedung untuk digunakan sebagai kantor Dinas sekaligus sebagai perpustakaan.

"Kita mau renovasi gedung yang lama, hanya saja gedung tersebut masih bermasalah, tapi kita sudah koordinasi dengan dinas teknis dalam hal ini Dinas Pertanahan, dan jika lahan tersebut sudah terselesaikan, kami segera melakukan renovasi gedung tersebut. Dan rencananya selain membuat kantor, kita juga akan membuat perpustakaan yang lebih baik dan lebih kreatif yang bisa menarik perhatian masyarakat khususnya para pelajar untuk datang dan menambah minat mereka untuk membaca," ungkap Jacob ketika ditemui di Kantor Dinas Perpustakaan jalan Hasanuddin, Selasa (8/12/2020).

Jacob kepada wartawan mengatakan, gedung perpustakaan yang direncanakan itu akan dilengkapi dengan tempat duduk (pondok), kolam, yang bisa menarik perhatian dan memanjakan para pembaca.

"Kita juga rencanakan akan membuat tempat Museum, di situ masyarakat yang datang bisa melihat barang-barang yang telah menjadi sejarah," tuturnya.

Dia juga menyampaikan, karena gedung yang tidak memadai, sejak dua tahun terakhir Dinas Perpustakaan tidak melakukan pengadaan buku.

"Selain itu kita juga tidak mau lakukan pengadaan buku, karena setelah pengadaan buku tapi tidak digunakan. Biasanya ada permintaan baru kita adakan sehingga sesuai kebutuhan, kepada setiap pengunjung bisa merekomendasikan buku dan nanti kita adakan," ujarnya.

Disamping itu, beberapa taman baca dan perpustakaan milik individu di Mimika juga ikut didukung oleh Dinas Perpustakaan Mimika dengan menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung seperti Komputer, WiFi bahkan Honor, agar pemilik taman baca terus membantu pemerintah dalam meningkatkan minat baca masyarakat dan anak di Mimika.

Sementara terhadap minat baca buku di Mimika yang dilihat dari  grafik pengunjung di perpustakaan Milik Pemerintah, Dia mengaku ada peningkatan, namun itu lebih dominan dari kalangan mahasiswa.

"Kalau untuk pelajar seperti Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah kurang, tapi kami selalu punya program untuk meningkatkan minat baca mereka dan biasanya setiap tahun kami melakukan perlombaan cerita rakyat," terangnya. Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus