Kadinkes Mimika: Vaksin Covid-19 Siap Edar Tahun 2021

Bagikan Bagikan
Kadinkes Mimika, Reynold Ubra (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Berdasarkan hasil virtual meeting bersama Menteri BUMN, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Kesehatan serta Menteri Dalam Negeri pada beberapa hari lalu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra pada Rabu (2/12/2020) mengatakan vaksin covid-19 siap edar tahun 2021.

"Dua hari yang lalu kami sudah mengikuti virtual meeting, yang diselenggarakan sekretariat Presiden, dan ada 4 menteri yang menyampaikan rencana untuk vaksinasi covid-19," ungkap Reynold ketika ditemui di salah Hotel di Timika.

Dikatakan, rekomendasi vaksin adalah masyarakat yang terdata di BPJS Kesehatan dan masyarakat yang memiliki e-KTP. Oleh karenanya warga Mimika sesegera mungkin mengurus Adminduk agar punya hak untuk mendapatkan vaksinasi covid-19.

Dia menjelaskan, Dinas kesehatan juga akan melakukan langkah-langkah persiapan, misalnya menyiapkan data penduduk yang memiliki NIK dan merupakan peserta BPJS, dan menyiapkan langkah agar vaksinasi bisa menjangkau wilayah-wilayah pedalaman. Selain itu petugas kesehatan juga harus terlatih selain untuk dapat memberikan vaksinasi itu juga dapat mengetahui efek samping dari vaksinasi tersebut.

Terkait vaksinasi covid-19 di Kabupaten Mimika, dia mengungkapkan, ditekankan agar ada juru bicara dari Dinas Kominfo.

"Anggaran untuk vaksin tidak semua dari Pemerintah Pusat melainkan harus ada dari APBD," ujarnya.

Di sisi lain, dia menambahkan, angka kasus covid-19 di Kabupaten Mimika terus meningkat, juga angka kesembuhan dan angka kematian.

"Kemarin bertambah 4 kasus dari Tembagapura dan 9 kasus yang dinyatakan sembuh dari. Total kasus covid-19 saat ini sudah mencapai 3.215 kasus, dan 2477 kasus yang telah dinyatakan sembuh," tambahnya.

Di dalam adaptasi kebiasaan baru (AKB), dia mengaku, kerumunan menjadi persoalan dan akan menjadi masalah ketika 3 M tidak diterapkan. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar