Masa Penutupan Anggaran, Bagaimana Hasil Evaluasi Penggunaan Dana Covid-19 di Mimika?

Bagikan Bagikan

DANA covid-19 di Kabupaten Mimika dengan jumlah yang begitu fantastis yakni di atas Rp 230 Miliar yang diambil dari budgeting dan/atau refocusing APBD Mimika tahun 2020 akan masuk pada tahap evaluasi penggunaan anggaran daerah pada bulan Desember ini.

Sehubungan dengan hal ini, pada rapat Paripurna II Masa Sidang III DPRD Mimika dalam rangka pandangan umum fraksi-fraksi terhadap RAPBD Perubahan Mimika tahun 2020, Rabu lalu (14/10/2020), sejumlah fraksi yakni PDIP, Perindo, Demokrat dan PSI meminta agar Pemkab Mimika dapat menjelaskan secara rinci baik program, alokasi dana dan penggunaan dana covid-19 di Kabupaten Mimika. Bahkan secara khusus, fraksi PDIP menyoroti ketidakadaan alokasi anggaran penanganan covid-19 pada APBD Perubahan Kabupaten Mimika tahun 2020.

Sejak bulan Oktober itulah, penanganan dan pencegahan covid-19 di Kabupaten Mimika terkesan tidak lagi intens seperti pada bulan-bulan sebelumnya, dan bahkan terpantau tidak mendapat perhatian khusus lagi oleh Pemkab Mimika melalui OPD-OPD terkait.

Hal ini terlihat dari ketidakadanya lagi para petugas gabungan yang berjaga di jalan untuk memantau dan menertibkan aktivitas masyarakat. Di samping itu, sejak tanggal 19 Oktober 2020 yang lalu sebagai tanggal batas akhir kesepakatan bersama Pemkab Mimika dengan Forkopimda, yang biasanya seperti sebelumnya ada pertemuan kembali antara Pemkab Mimika dengan Forkopimda untuk menetapkan status Mimika selanjutnya seperti apa, namun hingga saat ini hal tersebut belum pernah lagi terjadi.

Akhirnya, masyarakat pun bertanya-tanya…

Jawaban pemerintah daerah ini sepertinya begitu singkat, “karena keterbatasan anggaran” atau “karena kasus covid-19 di Mimika mulai berkurang secara prosentase”…

Melihat fakta akhir-akhir ini, jawaban pemerintah daerah itu pun mengundang pertanyaan lanjutan, yakni: jika mengalami keterbatasan anggaran, mengapa tidak dialokasikan anggaran tambahannya pada APBD-P Mimika 2020 yang lalu? Kalau kasus covid-19 di Mimika secara prosentase menurun, mengapa dari data kasus covid-19 se-Provinsi Papua malah meningkat? Apakah dari sisi angka (bukan prosentase), kasus covid-19 di Mimika benar-benar berkurang?

Dalam konteks argumentasi Pemkab Mimika terkait keterbatasan anggaran untuk penanganan covid-19, menjadi berbanding terbalik (kontradiktif) ketika ada berita pada Rabu (11/11/2020) yang menyatakan bahwa “Rehab 3 Rumah Jabatan Pimpinan Daerah Mimika menelan anggaran 4 Miliar Rupiah”. Apakah rehab rumah pejabat daerah ini menjadi prioritas Pemkab Mimika? Semoga memang Iya! Sebab, Presiden Joko Widodo pada Jumat (20/3/2020) yang lalu sudah memerintahkan agar pemerintah daerah melakukan realokasi anggaran (APBD) untuk menanggulangi penyebaran covid-19, dan memangkas belanja APBD yang tidak prioritas.

Pada dasarnya, pandemi covid-19 masih “merajalela” di Mimika. Untuk itu, Pemkab Mimika melalui OPD-OPD terkait perlu tetap memperhatikan pencegahan penyebaran “virus yang mendunia” tersebut di Mimika, di samping berbagai kesibukan pekerjaan proyek-proyek fisik di akhir tahun saat ini.

Terlepas dari hal itu, bulan ini masuk pada masa penutupan anggaran, bagaimana hasil evaluasi penggunaan dana covid-19 di Mimika?

Dalam hal ini, pihak Kejaksaan Negeri Mimika sedang dinanti masyarakat dalam membeberkan hasil evaluasinya secara jujur dan transparan terkait fungsi pengawasannya atas penggunaan dana covid-19 yang berjumlah fantastis itu di Kabupaten Mimika, pada saat penutupan anggaran di akhir tahun ini. Masyarakat masih percaya dengan komitmen Kajari Mimika yang akan memeriksa setiap OPD terkait dan mungkin organ tertentu pada Pemkab Mimika dalam penggunaan dana covid-19 tersebut. Sangat diharapkan tidak ada praktik “jual-beli” kompromi hukum atau praktik “hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas” pada konteks ini.

Amole… Nimaowitimi

Salam! (Jiru)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus