Orasi Ilmiah Johannes Rettob: Strategi Pemkab Mimika dalam Meningkatkan SDM OAP

Bagikan Bagikan
Wabup Mimika, Johannes Rettob,S.Sos.MM (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM mengaku pemerintah daerah belum maksimal dalam memberikan perhatian melalui kebijakan-kebijakan dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan bagi orang asli Papua khususnya suku Amungme-Kamoro dan 5 suku kekerabatan lainnya di Mimika.

Wabup John mengatakan, Indeks Prestasi Manusia (IPM) Kabupaten Mimika nomor 2 di Provinsi Papua, dengan APBD tertinggi di Provinsi Papua dan adanya perusahaan dunia PTFI yang menancapkan kakinya di Mimika. Tapi ironisnya, tingkat kemiskinan masyarakat asli di Kabupaten Mimika masih cukup tinggi.

Di samping itu, di Kabupaten Mimika juga memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang belum maksimal dalam mendukung peningkatan SDM orang asli Papua, tingkat pastisipasi sekolah orang asli Papua juga masih sangat rendah dalam mengikuti proses pendidikan, belum adanya lembaga pendidikan khusus untuk pembinaan dan pengembangan produktivitas kerja, serta masih sangat kurang tenaga-tenaga ahli.

“IPM Kabupaten Mimika nomor 2 di Papua, APBD tertinggi di Papua, ada PTFI di sini, serta kabupaten Mimika juga dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai salah satu Kabupaten Smart City dari 100 Kabupaten di seluruh Indonesia. Tapi ironisnya, tingkat kemiskinan masyarakat asli di Kabupaten Mimika cukup tinggi, dan tingkat pastisipasi sekolah orang asli Papua khususnya suku Amungme-Kamoro dan 5 suku kekerabatan lainnya masih cukup rendah dalam mengikuti proses pendidikan. Selain itu, pemimpin pemimpin di daerah dalam semua tingkatan pemerintahan  juga kurang terbuka dalam berbagai hal,” kata Wabup John dalam orasi ilmiahnya yang disampaikan dalam acara Wisuda Universitas Timika, pada Kamis lalu (17/12/2020).

Dirinya pun mengaku malu ketika mendengar ada beberapa kabupaten di Papua ini yang menganggarkan dari dana APBDnya dalam membantu khususnya bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di daerahnya. Salah satunya adalah Kabupaten Biak Numfor yang memberikan anggaran Rp 1 miliar setiap tahunnya kepada setiap PTS di daerah tersebut.

“Saya sebenarnya malu sebagai Wakil Bupati ketika mendengar bahwa Kabupaten Biak Numfor memberikan Rp 1 miliar setiap tahunnya kepada perguruan tinggi-perguruan tinggi di sana, karena Rp 100 juta pun Kabupaten ini tidak kasih ke PTS-PTS di Mimika. Saya secara pribadi memohon maaf untuk fakta ini,” ujarnya.

Di sisi lain, dia juga menyinggung kencederungan para sarjana orang asli Papua khususnya Amungme-Kamoro yang setelah lulus hanya ingin menjadi tenaga honorer dan Pegawai Negeri Sipil, serta tidak memilih alternatif-alternatif pekerjaan lain.

“Kita hanya mau bekerja yang tidak sesuai dengan bidang keahlian kesarjanaannya. Banyak orang datang ke Mimika untuk mencari pekerjaan dan kehidupan yang layak, sehingga persaingan begitu ketat. Sedangkan orang asli Papua khususnya Amungme-Kamoro dan 5 suku kekerabatan lainnya mulai tergeser dan tidak mampu bersaing karena lemahnya SDM yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan daerah,” ungkapnya.

Dengan adanya fakta ini, maka menurut dia, dalam meningkatkan kualitas SDM orang asli Papua khususnya suku Amungme-Kamoro dan 5 suku kekerabatan lainnya, Pemkab Mimika harus segera melakukan berbagai strategi di antaranya mengeksploitasi potensi daerah berbasis teknologi, melakukan peningkatan integrasi, dan yang paling penting adalah mengupayakan perluasan dan penguatan pendidikan serta penggunaan dan pengembangan produktivitas masyarakat.

Dijelaskan, Pemkab Mimika harus membuat peraturan daerah tentang revitalisasi sistem pendidikan dasar dan menengah. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Mimika yang cerdas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian Indonesia, mencintai tanah dan kebudayaan Papua khususnya Amungme-Kamoro, menjaga kelestarian lingkungan, menghormati Hak Azasi Manusia, dan memiliki hukum yang adil serta tidak memihak. Proses pendidikan harus diselenggarakan secara bermutu, berbasis kemajuan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Termasuk juga, yang tidak kalah pentingnya adalah perlu adanya perbaikan-perbaikan kualitas aparatur pemerintah agar bisa melayani dan memiliki hati dalam membangun masyarakat di Kabupaten Mimika.

“Prinsip revitalisasi sistem pendidikan tersebut adalah berkeadilan, tidak diskriminatif, dan tersedia bagi semua penduduk Mimika yang hendak menempuh pendidikan, khususnya bagi anak-anak asli Papua. Di samping itu juga bercermin pada keteladanan, membangun karakter yang baik, merangsang kreativitas, dan mencintai aktivitas membaca,” jelasnya.

Di sisi lain, dia menambahkan, upaya tersebut bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tapi juga harus ada dukungan konkrit dari lembaga-lembaga adat, stakeholder, orang tua dan seluruh masyarakat di daerah ini.

“Kadang-kadang masyarakat ini masa bodoh dan hanya memikirkan kepentingan diri sendiri tanpa mempedulikan kepentingan orang lain, terutama generasi muda. Terima kasih kepada PTS-PTS yang ada di Mimika yang membantu pemerintah daerah dalam membangun SDM orang asli Papua khususnya suku Amungme-Kamoro dan 5 suku kekerabatan lainnya,” tambahnya.

Terkait keberadaan PTS-PTS di Mimika saat ini, dirinya mengaku akan mendukung pengembangan kampus-kampus tersebut melalui kerjasama dan sumbangsih lainnya yang salah satu tujuannya untuk peningkatan akreditasi, agar para lulusan SMA atau sederajat di daerah ini, termasuk perusahaan-perusahaan atau yayasan pemberi beasiswa bagi anak-anak asli Papua khususnya suku Amungme-Kamoro, dapat memilih PTS-PTS tersebut sebagai tempat melanjutkan studi di tingkat pendidikan tinggi.

“Saya catat ini. Mudah-mudahan pada tahun-tahun depan bisa terlaksana kerjasama antara Pemkab Mimika dengan PTS-PTS di Mimika yang salah satunya untuk peningkatan nilai akreditasinya,” tutupnya. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Hobi bermain slot online, Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback 100% Dengan syarat TANPA TO,
    dan anda bisa mencoba meraih kemenangan anda di kesempatan kedua,
    cek promosi bisa disini: https://biolinky.co/linkpromo

    BalasHapus
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus