Pasir Sisa Tambang Freeport Menjadi Bahan Konstruksi Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Papua

Bagikan Bagikan

Foto bersama pada kegiatan pengiriman pasir sisa tambang (tailing) PT Freeport Indonesia ke Merauke-Papua (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus mengembangkan pemanfaatan pasir sisa tambang PTFI (tailing) untuk proyek-proyek pembangunan infrastruktur di Papua.

Hari ini, Selasa (15/12/2020), PTFI mengirim sekitar 4.000 ton materi tailing ke Kabupaten Merauke-Papua, yang akan digunakan untuk pembangunan jalan dan fasilitas umum lainnya. Dalam hal ini, Materi tailing tersebut akan digunakan sebagai materi agregat, atau materi yang diaduk dengan semen atau aspal, untuk mengikat campuran tersebut menjadi beton atau aspal padat.

Pengiriman ini merupakan tahap pertama dari rencana dua tahap pengiriman 7.500 ton materi tailing ke daerah tersebut. Pengiriman materi tailing dilakukan dari dermaga yang terletak di jalan tambang PTFI, Mile Point 11, melalui jalur laut menggunakan tongkang dengan mengikuti kaidah dari KLHK.

“Pengelolaan tailing ini merupakan salah satu perwujudan komitmen PTFI untuk dapat meminimalisasi dampak operasi perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan di Mimika. Lebih jauh lagi, pemanfaatan tailing yang telah diolah pun kami lakukan bersama pemerintah untuk terus melipatgandakan nilai tambah yang kami ciptakan bagi Kabupaten Mimika dan daerah-daerah lain di Papua melalui berbagai kegiatan,” kata Wakil Presiden Direktur PTFI, Jenpino Ngabdi, dalam rilis yang diterima Salam Papua, Selasa (15/12/2020).

Pemanfaatan tailing ini adalah bagian dari Peta Jalan Pengelolaan Tailing yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. SK.101/Menlhk/PLA/Setjen/PLA.0/1 /2019 tentang Pelaksanaan Roadmap Pengelolaan Tailing PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Dia menambahkan, pemanfaatan tailing untuk pembangunan infrastruktur juga sebelumnya telah dilakukan untuk membangun sejumlah fasilitas di Papua, yakni gedung utama kantor pemerintahan Kabupaten Mimika, gedung terminal Bandara Mozes Kilangin, jembatan Kaoga dan jembatan Pomako, jalan tambang PTFI, serta beberapa ruas jalan Trans Papua.

“Pengiriman dan pemanfaatan materi tailing ini akan terus berlanjut sebagai salah satu cara PTFI mendukung pemerintah dengan terlibat langsung dalam pembangunan infrastruktur di Papua. Kami berharap inisiatif ini akan mempercepat pemerataan pembangunan di Indonesia Timur di tengah segala tantangan pemerataan pembangunan,” ujar Jenpino.

Hasil rangkaian kajian yang PTFI lakukan bersama Kementerian PUPR di Bandung, Jawa Barat, menyatakan bahwa materi tailing PTFI telah memenuhi kriteria dan kualitas yang ditetapkan pemerintah.

“Hasil penelitian yang Kementerian PUPR lakukan menunjukkan bahwa materi tailing PTFI telah memenuhi standar baku mutu, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai materi agregat pembangunan infrastruktur. Kami melihat potensi besar pemanfaatan tailing yang telah diolah ini untuk mendukung percepatan pembangunan di Papua. Tailing bukan lagi sebagai ampas, namun adalah sumber daya,” ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian.

Selain telah memenuhi syarat baku mutu dari Kementerian PUPR, materi tailing PTFI juga telah memenuhi prosedur pemanfaatan tailing yang diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Tailing PTFI telah lulus uji Toxicity Characteristic Leaching Procedure (TCLP) dan Lethal Dose (LD50) di laboratorium independen yang terakreditasi,. Dengan demikian, materi tailing PTFI sebagai bahan konstruksi tidak hanya kuat dan berkualitas, namun juga aman bagi manusia dan lingkungan.

Hadir juga pada kegiatan tersebut, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati menyampaikan apresiasinya kepada PTFI karena membiayai pengiriman tailing PTFI itu ke Merauke.

“Pemanfaatan limbah tailing ini memang bukan hal yang mudah. KLHK bersama dengan Kementerian PUPR punya komitmen agar tailing itu bisa digunakan sebagai bahan baku infrastruktur jalan. Dan ternyata banyak hal yang harus kita proses, salah satunya adalah bagaimana mengangkut tailing itu ke lokasi. Misalnya hari ini, melepas tailing yang akan dibawa ke Merauke untuk dijadikan infrastruktur jalan. Bukan hal yang murah, dan saya mengapresiasi PTFI, karena untuk yang sekarang memang pengiriman tailing itu dibiayai oleh PTFI,” ungkap Rosa.

Di samping itu, Rosa juga mengungkapkan bahwa pihaknya berupaya agar limbah tailing PTFI itu dapat selalu bermanfaat bagi pembangunan infrastruktur di Papua.

Dijelaskan juga, pihaknya sedang mengembangkan yang dirinya sebut sebagai circular economy atas limbah bahan berbahaya beracun dan sampah agar dapat didaur ulang sehingga menjadi bahan baku yang dapat dimanfaatkan kembali.

“Selanjutnya yang akan datang kita sedang berpikir, bagaimana tailing ini bisa digunakan untuk membangun infrastruktur jalan yang ada di Papua, sehingga limbah tailing itu bisa terkelola dengan baik. Artinya, bisa habis (tailing) yang dihasilkan oleh PTFI untuk sesuatu yang berguna. Kementerian LHK dalam hal ini mendorong kami agar limbah bahan berbahaya beracun dan sampah untuk dijadikan sebagai bahan baku, yang kita sebut circular economy yang artinya tidak membuang limbah dan sampah tapi digunakan sebagai sumber daya yang dapat dimanfaatkan kembali,” ujarnya. (Red)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  2. Hobi bermain slot online, Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback 100% Dengan syarat TANPA TO,
    dan anda bisa mencoba meraih kemenangan anda di kesempatan kedua,
    cek promosi bisa disini: https://biolinky.co/linkpromo

    BalasHapus