Pencairan Dana Trustfund Rp 7 M Yu Amako Timika Dikawal Ratusan Personil TNI-Polri

Bagikan Bagikan
Personil gabungan TNI-POLRI siaga di depan kantor BRI Budi Utomo Timika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Guna menghindari gangguan Kamtibmas, pencairan dana trustfund dari PT Freeport Indonesia (PTFI) bagi masyarakat suku Kamoro di lima kampung melalui rekening yayasan Yu Amako dikawal ketat ratusan personil gabungan TNI-Polri.

Kapolsek Mimika Baru (Miru), Kompol Sarraju mengatakan, pengawalan ini dilakukan guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas lantaran adanya dinamika dualisme kepemimpinan Lemasko yang menaungi Yu Amako beberapa waktu sebelumnya. Namun untuk persoalan tersebut telah dimediasi di kantor pelayanan Polres Mimika, tanggal 16 Desember.

"Intinya hanya mengantisipasi supaya tidak ada gangguan Kamtibmas, karena ini pencairan anggaran besar," kata Kompol Sarraju di depan kantor BRI jalan Budi Utomo Timika, Kamis (17/12/2020).

Selain di depan BRI Budi Utomo sebagian personil Polres dan Polsek Mimika juga ditugaskan di beberapa titik yang berpotensi menjadi pusat perkumpulan warga yang menunggu pencairan dana dimaksud.

Pencairan dana ini sebenarnya bisa berjalan dengan aman, akan tetapi lantaran adanya sebagian masyarakat yang menerima informasi tertentu dan tidak mencernanya dengan baik, sehingga muncullah kericuhan.

"Makanya kita sudah arahkan masyarakat supaya jangan suka menyambung cerita dengan pemahaman yang tidak benar. Informasi itu harus dicerna dengan baik supaya tidak ada lagi aksi saling serang antar sesama masyarakat," ujarnya.

Sedangkan Kabak Ops Polres Mimika, AKP Dion Helan menjelaskan bahwa pencairan dana ini akan dikawal hingga ke 7 kampung agar benar-benar diterima oleh masyarakat dan bisa saling damai kembali.

"Puji Tuhan hari ini berlangsung aman dan kisruh yang sempat terjadi kemarin itu sudah diselesaikan. Intinya ini arahan dari Kapolres dan Dandim, sehingga tim gabungan ini sama-sama mengawal dan dipastikan sampai ke masyarakat di Nairaro, Nawaripi, Ayuka, Tipuka dan Koperapoka," jelasnya.

Pantauan Salam Papua, adanya pengamanan ini arus lalu lintas dari arah Timika ke Hasanudin dialihkan ke jalur Busiri, sedangkan dari arah Hasanuddin ke Timika tidak dialihkan.

Sebelumnya tanggal 16 Desember sekitar pukul 14.00 WIT, dua kelompok warga terlibat bentrok  di depan kantor pelayanan Polres Mimika.

Aksi tersebut terjadi di sela-sela proses mediasi antara warga dan Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko) yang difasilitasi aparat kepolisian di ruang Nemangkawi.

Warga Kamoro menuntut kejelasan pencairan dana trustfund alias dana perwalian dari PTFI ke rekening Yayasan Yu Amako. Namun dalam yayasan tersebut terdapat permasalahan dualisme kepemimpinan. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus