Sepi…! Wisata Kuliner di Pasar Sentral Timika Belum Dipastikan Kapan Kembali Beroperasi

Bagikan Bagikan
Kondisi Pasar kuliner di area pasar Sentral Timika (Foto:SAPA/Jefri)

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Michael Gomar belum memastikan wisata kuliner atau pasar kuliner yang berada di area pasar Sentral Timika itu dibuka kembali.

"Kami belum bisa memberikan kepastian kapan dibuka kembali, karena  kami harus melaporkan dan memberikan pertimbangan kepada pimpinan dan juga menyiapkan strategi agar wisata kuliner tetap mematuhi protokol kesehatan," ungkap Michael, Jumat (4/12/2020).

Dimana kata Dia, itu sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) nomor 6 tahun 2020, tentang protokol kesehatan dan larangan kerumunan massa, sehingga ditutup sementara waktu.

Hasil pantauan Salam Papua, Pasar Kuliner di area pasar Sentral terlihat sepi, dan masih terlihat lapak atau gerobak milik pedagang berada di area tersebut, sedangkan beberapa pedagang telah kembali berjualan di tempat semula.

Michael yang ditemui di Hotel Horison Timika mengatakan, Disperindag akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Pimpinan Daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Mimika, terkait dengan kebijakan atau petunjuk, agar pasar kuliner segera diaktifkan kembali mengingat itu merupakan bagian dari pemulihan ekonomi bagi pedagang kaki lima (PKL), dan jika kembali dibuka pasar kuliner itu protokol kesehatan tetap akan diterapkan.

"Kami juga akan sampaikan kepada pimpinan (Bupati dan Wakil Bupati) supaya wisata kuliner bisa dibuka kembali, yang pastinya dengan ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan," terangnya.

Lanjut dia, terhadap penataan pasar rakyat, pasar Sentral dan PKL, tim gabungan yang terdiri Disperindag, Dispol-PP, TNI dan Polri serta OPD teknis terkait tetap akan memberikan sosialisasi kepada para pedagang untuk nantinya bisa berjualan di pasar Sentral.

"Beberapa jangka waktu ke depan menjelang akhir tahun 2020, tim gabungan akan melihat kembali kendala-kendala yang dihadapi, dan tim akan terus melakukan sosialisasi kepada para pedagang, " ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 397 tahun 2020 tentang pembentukan tim gabungan dalam rangka penataan dan penertiban Pasar Sentral, Pasar Rakyat, dan PKL di Kabupaten Mimika,  tugas dan tanggung jawab tim gabungan berakhir pada tahun 2020.

"Hasil evaluasi tim gabungan hari ini, tim gabungan masih berlanjut hingga tahun 2021 agar pengawasan dan penataan pasar tetap berkelanjutan pada tahun 2021, apalagi tahun depan ada dua event besar yang akan dilaksanakan di Mimika, dan jika pengawasan ini tidak dilakukan secara berkelanjutan, kita khawatirkan PKL dan dan pedagang yang lainnya kembali lagi berjualan di pinggiran jalan," tutupnya.  (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus